Polda Kalbar Gelar Bulan Bhakti Kesehatan Polri

oleh
Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono saat memberikan sambutan dalam bulan Bhakti Kesehatan Polri di kantor Kecamatan Sungai Ambawang. Foto : Istimewa

KUBU RAYA – Untuk meningkatkan kesehatan Masyarakat, Polda Kalbar menggelar bulan Bhakti Kesehatan Polri tahun 2018 di Kantor Camat Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Sabtu (07/04/18).

Kegiatan ini, dibuka langsung oleh Kapolda Kalbar, Irjen Pol Drs. Didi Haryono SH,MH, yang didampingi Wakapolda, Brigjen Pol Sri Handayani beserta jajarannya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua Bhayangkari Polda Kalbar, Eka Rahayu beserta pengurus Bhayangkari dan seluruh masyarakat di Kecamatan Sungai Ambawang, Kubu Raya.

“Kita ketahui di daerah kita sering terjadi musim pancaroba, iklim yang mudah berubah, sehingga dapat menimbulkan berbagai macam sumber penyakit,” ujar Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono.

Menurutnya, untuk menjaga kesehatan dimulai dari anak-anak, dan berawal dari kebersihan, sehingga hidup bersih dan sehat itu harus dibiasakan dalam keluarga.

“Kegiatan ini juga sebagai bentuk nyata Polri, yang peduli terhadap kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Dilanjutkannya, dengan memerangi narkoba dan mencegah terjadinya pembakaran hutan dan lahan, merupakan sebuah upaya untuk menghindarkan masyarakat dari berbagai macam sumber penyakit.

“Narkoba dapat menyebatkan kematian, karena efek yang diakibatkan bagi pemakainya, begitu juga asap dari hutan maupun lahan yang terbakar akan berbahaya bagi kesehatan warga yang terkena dampaknya,” ujar Didi Haryono.

Kabupaten Kubu Raya, lanjut Ia, merupakan salah satu kabupaten penyumbang kebakaran hutan dan lahan terbesar yang ada di Kalimantan Barat.

Untuk itu, Kapolda Kalbar mengimbau, agar masyarakat jangan membakar sampah dengan sembarangan, karena dapat menyebabkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan, yang dampaknya sangat berbahaya bagi kesehatan.

“Bagi siapa saja warga yang kedapatan menyebabkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan, dapat diberi sansksi pidana, berupa hukuman penjara 10 tahun dan denda 10 Miliyar,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Seketaris Camat Sungai Ambawang, Ahmad mengucapkan terima kasih kepada Polda Kalbar yang menggelar bulan Bhakti Kesehatan Polri dilingkungannya.

“Saya memberikan apresiasi kepada Polda Kalbar, yang peduli atas kesehatan masyarakat di Sungai Ambawang,” ujarnya. (**)