Dinas Pertanian Kapuas Kembangkan Tanaman Padi Pola Sub Optimal

oleh
Petani di Kabupaten Kapuas saat menanam padi. Foto : Irs

KUALA KAPUAS – Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Pertanian tahun 2018 ini kembali mengembangkan tanaman padi.

Namun jika pada tahun 2017 lalu padi yang dikembangkan dengan pola Hazton, tahun ini pengembangannya melalui pola sub optimal.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Anjono Bhakti, melalui Kabid Tanaman Pangan, Jarwadi, mengatakan, pengembangan padi pola sub optimal yang akan dilaksanakan di Kapuas tahun ini, adalah khusus untuk daerah Kalimantan.

“Kalau tahun 2017 lalu namanya Hazton, namun tahun ini namanya berubah menjadi pola sub optimal yang khusus untuk daerah Kalimantan, maksudnya spesifik lokasinya dengan memanfaatkan lahan pasang surut ditempat kita,” katanya di Kuala Kapuas, Jumat (06/04/18).

Dalam pelaksanaannya pengembangan padi pola baru ini akan difasilitasi dengan bantuan benih, pupuk organik cair, pembenah tanah dan peptisida yang dananya bersumber dari anggaran tugas bantuan APBN 2018.

Menurut Jarwadi pengembangan padi sub optimal ini direncanakan kegiatan tanamanya dimulai pada musim tanam April-September 2018.

“Jadi, kegiatan tanamanya start di bulan April ini dan terakhir di bulan September nanti,” jelasnya.

Selain itu, pada tahun ini juga Dinas Pertanian Kapuas akan mengembangkan padi organik dilahan seluas kurang  lebih 200 hektar yang akan terintegrasi dengan perkebunan.

“Sama dengan pengembangan padi pola sub optimal, pengembangan padi organik ini juga difasilitasi dengan bantuan benih dan pupuk organik,” terang Jarwadi. (irs)