Cegah Terorisme, BNPT Gelar Penguatan Aparatur Kelurahan dan Desa

oleh
Suasana kegiatan penguatan aparatur kelurahan dan desa. Foto : Mizar

SINGKAWANG – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Kalimantan Barat menyelenggarakan kegiatan penguatan aparatur kelurahan dan desa dalam pencegahan terorisme di hotel Dangau, Kota Singkawang Kamis (05/04/18).

Dalam kesempatan itu, Kepala Pelibatan Masyarakat BNPT Letkol Lau Setio Pranowo mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk mencegah masuknya paham-paham radikalisme dan terorisme di Kota Singkawang.

“Untuk di Singkawang ini kita libatkan aparatur desa, Babinsa, dan Babinkamtibmas, yang nantinya kita berikan modul untuk bekerjasama dengan Libi dan Kemendagri. Bagaimana cara jika mengetahui, melihat dan memantau hal-hal yang berhubungan dengan radikalisme dan terorisme, agar dapat melakukan exion” jelasnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan, aparatur desa, Babinsa, dan Babinkamtibmas ini merupakan ujung tombak dalam memerangi radikalisme.

“Karena banyak sekarang remaja yang terpapar virus-virus dalam radikalisme, mindset sangat terbuka. Ada cara membuat bom, dan  penyebaran doktrin. Hal itu jangan sampai terjadi. Kini kita telah memiliki mitra yang telah terbentuk yaitu mitra FKPT, yang berkerjasama dengan pemerintah daerah, dan jika BNPT sendiri tidak akan bisa. Maka dari itu harus ada sinergitas,” jelasnya.(mizar)