BPBD Barito Utara Akan Sediakan Alat Water Supply

oleh
Kepala BPBD Barut, Gazali Mantalatua saat di kantornya, dimana mobil inilah nanti yang akan dibagikan semenatara menunggu prsoses pengadaan, Jumat (06/04/18). Foto : Bani

MUARA TEWEH – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),  Kabupaten Barito Utara,  Gazali Mantalatua, Jum’at (06/04/18) mengatakan, untuk anggaran tahun 2018, akan mendapatkan mobil tangki multi fungsi, yang akan digunakan untuk menanggulangi bencana disetiap daerah.

“Pengadaan multi fungsi atau water supply ini, selain untuk penanggulangan bencana kebakaran,  juga dapat digunakan untuk penyediaan air bersih,” ujarnya.

Dijelaskannya,  tahun ini rencananya akan dibagikan pada delapan kecamatan di Barito Utara, dimana nantinya mobil tangki dengan kapasitas lima ribu liter ini dalam tahap pengadaan.

Gazali Mantalatua, juga berharap mobil tangki ini dapat difungsikan sebagai alat pemadaman,  baik lahan masyarakat ataupun hutan lainnya.

Hal ini,  juga sebagai langkah antisipasi pemerintah daerah untuk mencegah terjadinya bencana kebakaran.

Dijelaskannya juga, untuk kecamatan Teweh Tengah dimana wilayah perkotaan,  nantinya akan ditaruh mobil tersebut di wilayah kilometer 52 , dimana untuk daerah ini sangat jauh dengan perkotaan.

“Jadi mobil tangki kita tempatkan pada titik tertentu,  tapi untuk wilayah kecamatan lainnya,  ditempatkan di wilayah tersebut,” katanya.

Gazali juga berharap dengan fasilitas yang ada,  juga akan dilakukan penambahan personil.  Sebab untuk BPBD sendiri masih kekurangan tenaga tambahan.

Hal ini juga terkendala dengan anggaran. Tapi dia juga berharap melalui perubahan nanti bisa direalisasikan. (Bani)