Undang Wisatawan, Kemenpar dan Dispora Par Bakal Gelar Festival Cross Border Entikong

oleh
Rakor Kemenpar Dan Dispora Par Bahas Persiapan Festival Cross Border Entikong. Foto : Indra/Kardi

SANGGAU – Kementerian Pariwisata RI bersama Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinas Porapar) Kabupaten Sanggau akan menyelenggarakan festival cross border di Entikong.

Kegiatan yang mengangkat tema “Festival Wanderful Indonesia” tersebut bertujuan untuk menarik minat wisatawan ke tanah air.

Untuk menyikapi hal tersebut pihak Kementerian pariwisata dan Dinas Porapar Kabupaten Sanggau bersama unsur terkait melakukan rapat koordinasi (rakor) dalam rangka persiapan pelaksanaan festival cross border di Entikong. Rapat yang dilaksanakan pada rabu (04/04/18) pagi itu digelar di aula pertemuan kantor Bappeda Kabupaten Sanggau.

Kadis Porapar, F. Meron,S.Sos, dalam rakor tersebut mengatakan bahwa Kabupaten Sanggau cukup banyak terdapat tempat-tempat maupun potensi wisata, baik itu wisata alam maupun wisata budaya. Untuk wisata alam ada pancur aji sanggau, riam macam Sanggau, air lotup/panas kecamatan Jangkang, danau lait kecamatan Tayan Hilir dan lainnya, sedangkan wisata kebudayaan diantaranya ada gawai dayak (budaya dayak), festival paradje (budaya melayu), cap go meh (etnis tionghoa), malam 1 suro (peguyuban jawa), festival mandi bedel keraton Tayan, festival tiang sandong masyarakat dayak desa Malenggang daerah perbatasan dan kegiatan kebudayaan lainnya.

Selanjutnya terkait hal tersebut dinas porapar Kabupaten Sanggau tidak bisa bekerja sendiri dan untuk menarik wisatawan agar mau datang ke Kabupaten Sanggau, maka perlu kerjasama setiap OPD yang ada maupun masyarakat Sanggau itu sendiri agar bersama-sama mempromosikan potensi wisata yang dimiliki.

“Termasuklah even hari jadi kota Sanggau, juga pihak kementerian pariwisata harus turut mendukungnya terutama dari segi anggaran,” katanya.

Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Area III Kementerian Pariwisata Republik Indonesia Sapto Haryono mengatakan, bahwa dirinya bersama rombongan senang bisa datang di Kabupaten Sanggau.

Selain datang dalam rangka memenuhi undangan terkait hari jadi kota sanggau yang ke-402 juga dalam rangka mengadakan rakor mengenai festival cross border di Entikong tahun 2018.

Mengenai cross border di Entikong, cross border ini merupakan kegiatan prioritas utama oleh Kementerian Pariwisata dimana salah satu program yang tertuang dalam nawacita Presiden Republik Indonesia dalam rangka pencapaian target wisatawan mancanegara 17 juta pada tahun 2018 dan 270 juta perjalanan wisatawan nusantara.

Selanjutnya, terhadap apa yang disampaikan oleh Kadis Porapar mengenai potensi wisata yang ada di Kabupaten Sanggau sungguh luar biasa.

“Untuk itu bagaimana kita bersama bisa mengemas dengan baik dan mengelolanya sedemikian rupa supaya dapat menjadi daya tarik tersendiri sehingga wisatawan mau datang ke tempat wisata yang kita promosikan tersebut dan secara otomatis pula pendapatan daerah juga naik,” katanya.

Lebih jauh, untuk mempromosikan potensi wisata baik alam maupun kebudayaan ataupun even lainnya haruslah melibatkan semua unsur yang ada di pemerintahan dan masyarakat, hilangkan ego sektoral, bersama memperkenalkan potensi wisata yang dimiliki daerah baik melalui media cetak maupun media elektronik dan media sosial, melalui website, fecebook, Instagram, YouTube serta share ke komunitas-komunitas supaya viral.

Dari hasil rakor tersebut dapat disimpulkan bahwa cross border tahun 2018 akan dilaksanakan di lapangan Patoka Entikong, pada Agustus mendatang yang disinergikan dengan HUT RI, kemudian acaranya berupa hiburan, pameran dan lomba-lomba. (indra/kardi)