Kelompok Tani di Kapuas Kembali Terima Bantuan Alsintan

oleh

KUALA KAPUAS – Penyerahan alat mesin pertanian (Alsintan) bantuan pemerintah pusat  kepada kelompok tani di Kabupaten Kapuas kembali dilakukan oleh anggota DPR RI Dapil Kalteng, H Hamdani, bersama Pemkab Kapuas.

Penyerahan dilaksanakan di halaman Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Rabu (04/04/18). Mewakili Pjs Bupati Kapuas Ermal Subhan, bantuan Alsintan untuk kelompok tani diserahkan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kapuas, H Masrani. Hadir dalam penyerahan bantuan saat itu perwakilan Bulog, Kodim 1011 Klk dan yang mewakili Kadis Pertanian Kapuas.

Alsintan yang diserahkan saat itu berupa 29 unit mesin pompa air dan 1 unit rice transplanter. Bantuan ini diserahkan kepada sebanyak 26 kelompok tani di Kabupaten Kapuas. Sebelumnya bantuan 16 unit hantraktor juga telah diserahkan kepada 16 kelompok tani di daerah ini.

Anggota Komisi VI DPR RI, H Hamdani, mengatakan, tujuan pembagian alat pertanian ini disamping ingin mempermudah petani dalam melaksanakan penanaman padi atau memanen padi, namun juga bertujuan untuk mencapai surplus padi.

“Saya yakin di sini (Kapuas) sudah swasembada pangan, tinggal kita mencapai surplusnya saja dan surplus ini nanti bisa kita bagikan dimana hasil tanaman padi dari daerah ini ke daerah lain,” katanya.

“Dan, kita harapkan juga nanti Bulog tidak lagi membeli beras-beras petani dari daerah Sulawesi sana tetapi mereka bisa membeli beras dari daerah ini,” tambah Hamdani yang sebelumnya tergabung di Komisi IV DPR RI.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kapuas, Anjono Bhakti, dalam sambutan tertulis dibacakan Kabid Perkebunan, Juhriansyah, mengatakan, selama ini Kabupaten Kapuas dikenal dan sangat berperan sebagai lumbung pangan Provinsi Kalteng.

“Oleh karena itu bantuan Alsintan ini sangat penting untuk dapat mendukung upaya pencapaian target swasembada pangan terutama padi, jagung, kedelai dan holtikultura,” kata seraya berharap agar Alsintan tersebut dapat digunakan oleh petani dengan sebaik-baiknya. (irs)