Dinas Pendapatan Giatkan Sosialisasi PBB

oleh

MUARA TEWEH – Pajak bumi dan bangunan merupakan pendataan daerah yang harus digali untuk sumbangan pembangunan daerah, khususnya di wilayah Kabupaten Barito Utara

Kepala Dinas Pendapatan Barito Utara,  Drs. H. Aswadin noor,  Rabu (04/04/18) mengatakan, untuk saat ini memang arah kebijakan adalah untuk menggiatkan penagihan pajak bumi dan bangunan.

Menurutnya, pajak bumi dan bangunan memang sangat berpotensi dalam meningkatkan pendatapan daerah, terutama masalah perijinan dan kemudian penagihan.

Oleh karena itu,  pihaknya akan terus melakukan sosialisasi di tengah masyarakat, baik warga perkotaan hingga pelosok. Sebab potensi ini dinilai cukup baik, apalagi ditengah maraknya pembangunan perumahan hingga tempat usaha.

Dijelaskannya,  memang saat ini untuk walet tidak dilakukan penagihan pajak,  akan tetapi bangunannya akan dikenakan pajak,  terutama yang sudah memiliki ijin bangunan.

Karenanya juga Dinas Pendapatan bersama Dinas Perijinan Terpadu satu pintu bekerja sama dalam melakukan kegiatan sosialisasi pajak bumi dan bangunan yang dimulai dari ijin mendirikan bangunan.

“Antara Dinas Pendapatan dan Dinas Perijinan terus memberikan imbawan agar masyarakat sadar dalam mengurus ijin.  Dan ini berlaku tidak hanya di kota tetapi sampai di kecamatan,” kata Aswadin Noor.

Menurutnya, hingga saat ini untuk pajak bumi dan bangunan telah mengalami peningkatan. Hal ini, tentu saja karena ada upaya dalam menggiatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perijinan atau legalitas bangunan.

Selain itu kata dia, pihaknya juga memaksimalkan pendapatan untuk air bawah tanah, dimana banyaknya perusahaan yang akan menjadi obyek tersebut.

“Jadi selain pajak bumi dan bangunan kita juga giatkan pajak air bawah tanah,” pungkasnya. (bani)