Andi Musa Sebut Pungli Membebani Rakyat

oleh
Suasana sosialisasi tim Saber Pungli di gedung Korpri, Putussibau, Kapuas Hulu. Foto : Bayu

PUTUSSIBAU – Ketua UPP Saber Pungli Provinsi Kalimantan Barat, Kombes Pol Andi Musa menggelar sosialisasi sapu bersih pungutan pajak, di Gedung Korpri, Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa (03/04/18).

Tampak hadir dalam acara ini Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir, Kapolres Kapuas Hulu AKBP Imam Riyadi, perwakilan Kejari Kapuas Hulu, dan Kodim 1206 Putussibau serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir menyebutkan tujuan dibentuknya tim Saber Pungli adalah untuk membentuk pemerintah yang bersih dan adil.

“Dibentuknya tim Saber Pungli bermaksud untuk mencegah terjadinya pungli dalam sistem pelayanan di pemerintahan, semoga dengan terbentuknya tim ini, diharapkan tak terjadi pungutan apapun dalam pelayanan publik, khususnya di Kapuas Hulu,” ujar Nasir.

Ia menjelaskan, pembinaan perlu dilakukan, dan kebiasaan buruk setiap instansi pemerintah mesti dihilangkan, seperti melakukan pungli saat memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu,  Ketua UPP Saber Pungli Provinsi Kalbar, Kombes Pol Andi Musa mengatakan pungutan liar sangat membebani rakyat, dan merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Makanya, tim ini dibentuk untuk memberantas Pungli, namun kami tetap akan mengedepankan langkah pencegahan dengan mensosialisasikannya,” tuturnya.

Diharapkannya, jangan ada lagi Pungli, karena pegawai pemerintah sudah dilatih untuk melayani rakyat, dan sudah difasilitasi anggarannya.

“Jadi jangan bebani rakyat dengan pungli,” ujarnya. (Bayu)