Pemkab Barut Berharap Dapat Opini WTP

oleh

MUARA TEWEH – Pemerintah Kabupaten Barito Utara bertekad untuk dapat mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Barito Utara untuk yang keempat kalinya.

Pjs. Bupati Barito Utara, H. Sapto Nugroho bersama Sekretaris Daerah,  H. Jainal Abidin, dan Kepala Perangkat Daerah  menyerahkan, Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2017 (unaudited) kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI) Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah, di Auditorium Kantor BPK RI Perwakilan Privinsi Kalimantan Tengah, Senin (02/04/18).

Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah, Ade Iman Rosmana,  dalam sambutannya menyampaikan, bahwa BPK RI saat ini kekurangan tenaga auditor dalam melaksanakan tugasnya, selain meminta tambahan tenaga auditor tersebut, direncanakan untuk tahun 2019 akan mengadakan kesepakatan dalam bentuk MoU dengan pemerintah kabupaten/ kota.

“Hal ini juga terkait penggunaan tenaga auditor dari inspektorat masing-masing pemerintah kabupaten/ kota,” ungkapnya.

Menurutnya, hal tersebut dilakukan sebagaimana pengalaman saat bertugas di Kalimantan Utara, sehingga akan juga diterapkan di Kalimantan Tengah.

Pjs. Bupati Barito Utara, Sapto Nugroho mengatakan, bahwa penyerahan laporan keuangan ini menandai dimulainya audit internal keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2017 setelah sebelumnya  melakukan unaudit.

Kegiatan ini merupakan suatu kewajiban yang rutin dilaksanakan setiap tahun untuk mengetahui seberapa besar penyerapan, pengunaan dan pelaksanaan anggaran pembangunan belanja daerah sebagai pertanggungjawaban baik secara administratif maupun bukti riil pelaksanaan kegiatan.

Pjs. Bupati Barito Utara mengharapkan seluruh SOPD lingkup Pemerintah Kabupaten Barito Utara dapat mempersiapkan diri dan pro aktif saat tim audit melakukan pemeriksaan, juga berharap kiranya dukungan seluruh elemen yang ada di Barito Utara baik executive, legislative maupun yudikative serta elemen masyarakat untuk dapat optimal bahu membahu guna mewujudkan sebuah hasil yang diharapkan untuk mempertahankan dan meraih kembali Opini WTP yang keempat kalinya.

Selain Kabupaten Barito Utara, 11 kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah juga menyerahkan laporan keuangan daerahnya masing-masing. Selain Penandatanganan dan Penyerahan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Unaudited) Tahun 2017 juga diserahkan laporan hasil pemeriksaan atas bantuan keuangan partai politik masing-masing kabupaten/ kota.

Acara penyerahan dihadiri juga oleh Ketua DPRD Kabupaten Barito Utara, Walikota Palangkaraya dan jajarannya, juga beberapa bupati di Kalteng. (bani)