Tahun Ini 9 Puskesmas di Kapuas Siap Akreditasi

oleh
Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Suparman. Foto : Irs

KUALA KAPUAS – Jumlah pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Kapuas yang terakreditasi akan bertambah. Karena pada tahun 2018 ini sebanyak sembilan puskesmas lainnya sedang dalam proses akreditasi.

Sembilan puskesmas ini adalah Puskesmas Mantangai, Lamunti, Basarang, Mandomai, Dadahup, Tamban Catur, Tamban Baru, Lupak dan Puskesmas Terusan. Sedangkan pada tahun 2016-2017 jumlah puskesmas di Kapuas yang telah terakreditasi sebanyak 7 puskesmas.

Tujuh puskesmas tersebut adalah Puskesmas Selat, Melati dan Puskesmas Pulau Telo, Puskesmas Anjir, Puskemas Palingkau, Puskesmas Sei Tatas dan Puskesmas Barimba.

Puskesmas Selat dan Melati sendiri berstatus akreditasi dasar. Sedangkan untuk Puskesmas Anjir Serapat juga akreditasi dasar namun kelas rawat inap.

“Untuk Puskesmas Palingkau, Sei Tatas dan Barimba berstatus akreditasi madya,” kata Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Suparman, kepada awak media belum lama ini di Kuala Kapuas.

Adapun untuk 9 puskesmas yang tahun ini mengikuti proses akreditasi, dimana terhitung dari bulan Maret hingga 4 bulan ke depan dalam proses penyusunan dokumen.

Kemudian disusul proses implementasi dan proses lainnya, hingga proses penilaian yang diperkirakan bulan Oktober dan November 2018 mendatang.

“Untuk persiapannya sendiri sembilan puskesmas ini telah dilakukan sejak tahun 2017 lalu. Mudah-mudahan sembilan puskesmas ini akan lolos proses dan akan berstatus akreditasi,” harap Suparman. (irs)