Komitmen Karolin Sejahterakan Guru Honor

oleh
Calon Gubernur Kalbar nomor urut dua, Karolin Margret Natasa. Foto : Istimewa

NGABANG – Calon Gubernur Kalbar nomor urut 2, Karolin Margret Natasa, berkomitmen akan memberikan perhatian khusus kepada para guru honorer yang ada di Kalbar. Hal ini mengingat nasib guru honorer di provinsi itu masih sangat jauh dari kata sejahtera.

“Kita tahu sendiri, sampai saat ini masih banyak guru honorer yang ada di Kalbar yang nasibnya memang kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah. Ini tentu menjadi atensi bagi kita saat dipercayakan masyarakat menjadi gubernur Kalbar,” kata Karolin di Ngabang, Kabupaten Landak, Sabtu (31/03/18).

Ia mengatakan, khusus untuk guru honorer ditingkat SMA/SMK yang kewenangannya berada di Pemerintah Provinsi, ketika dirinya memimpin Kalbar nanti, hal yang pertama akan dilakukannya adalah memanggil kepala Dinas Pendidikan Kalbar untuk menyelesaikan berbagai permasalahan guru honorer tersebut.

“Ini akan menjadi atensi khusus bagi kami saat memimpin Kalbar nanti, karena program pendidikan menjadi salah satu program kita, dimana akan mensinergikan peningkatan kualitas dan kapasitas tenaga pengajar serta mendorong regulasi guru pendidikan non formal, termasuk di dalamnya mengupayakan peningkatan kesejahteraan guru honorer,” terangnya.

Mantan anggota DPR RI ini menjelaskan, saat ini pemerintah juga sedang menyusun regulasi penataan SMA dan SMK, sehingga hal ini memang masih menjadi permasalahan kita, terutama terkait dengan nasib guru honorer tersebut.

“Kita akan mendorong Kementerian Keuangan untuk menambah alokasi anggaran untuk guru honorer ini, mengingat dana alokasi umum yang diberikan pemerintah pusat kepada pemprov tidak bertambah, sementara beban honor untuk guru honorer ini diberikan kepada pemprov,” kata Dia.

Persoalan pendidikan lainnya yang akan menjadi perhatian Karolin adalah penyerahan aset sekolah yang juga masih harus diselesaikan, di mana ini tentu menjadi PR bagi gubernur terpilih nantinya.

“Intinya, kita akan memberikan perhatian khusus bagi guru honorer ini, agar jangan sampai nasib mereka menjadi terlantar,” pungkas calon Gubernur, yang berpasangan dengan Suryadman Gidot ini. (rilis)