Ingin Asam Urat Hilang, Segera Konsumsi Buah Ini..

oleh
Penyakit asam urat. Foto : youtube.com

JAKARTA – Saat ini asam urat telah menjadi permasalahan umum bagi banyak orang. Kondisi ini bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti peradangan pada sendi yang sangat menyakitkan, bahkan asam urat yang menumpuk dalam darah bisa menyebabkan masalah pada jantung di mana organ vital ini akan mengalami kesulitan saat memompa darah ke seluruh organ tubuh.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk bisa mencegah tingginya kadar asam urat, salah satunya adalah menghindari beberapa jenis makanan seperti makanan laut, daging merah, kacang-kacangan, dan juga beberapa jenis sayuran yang tinggi purin ( bayam, kangkung, brokoli, asparagus, dan lain sebagainya ). Akan tetapi jika Asam urat Anda terlanjur tinggi, selain menggunakan obat-obatan yang diresepkan dokter, Anda bisa mengatasi masalah tersebut hanya dengan mengkonsumsi buah-buahan berikut ini :

Jeruk dan lemon

Jeruk dan lemon merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Ini dapat membantu melarutkan dan menyingkirkan kristal-kristal hasil akumulasi zat purin di persendian kita, sehingga dengan begitu bisa membantu mengurangi jumlah asam urat dalam darah.

Apel

Siapa yang tak suka makan buah apel. Selain lezat, buah ini juga sarat akan nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh kita seperti antioksidan, flavonoid, serat, vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, kalium, fosfor, pektin, asam ursolat, dan nutrisi bermanfaat lainnya. Jadi makan buah ini bisa turunkan resiko berbagai macam penyakit, salah satunya masalah asam urat. Ya, selain memiliki kadar purin yang rendah, apel juga sarat akan vitamin C yang dipercaya dapat membantu menurunkan asam urat dalam darah.

Strawberry

Strawberry menjadi salah satu buah favorit banyak orang yang di dalamnya terkandung vitamin C yang cukup tinggi serta nutrisi penting lainnya seperti folat, oksalat, dan senyawa antiinflamasi yang dapat membantu melarutkan purin dalam darah yang tidak dapat disingkirkan oleh ginjal. Dalam secangkir strawberry mentah terdapat kandungan 9 mg vitamin C atau sekitar 140% dari rekomendasi harian, dan kandungan folat sebesar 4 mikrogram atau sekitar 10% dari rekomendasi harian.

Cranberry

Meskipun sulit dijumpai, akan tetapi buah yang satu ini telah dianggap sebagai obat mujarab untuk menurunkan asam urat. Ini dikarenakan kandungan vitamin C dan antocyanin yang sangat efektif untuk menurunkan asam urat dalam darah.

Cherry

Cherry menjadi salah satu buah yang paling banyak dicari, bukan hanya sebagai hiasan kue saja, tapi dikarenakan kandungan sifat antiinflamasi pada buah ini bisa membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah bahkan menurunkan kolesterol. Untuk asam urat, pilih buah cherry yang masih segar, bukan buah cherry yang telah mengalami proses pengolahan seperti manisan. Mengapa? Karena manisan memiliki kadar gula yang tinggi dan apabila terlalu sering dikonsumsi justru membuat lonjakan gula darah. (marty)