7.257 Siswa SD di Kapuas akan Ikuti USBN

oleh
Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Muhammad Hassan. Foto : Irs

KUALA KAPUAS – Sebanyak 7.257 siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Kapuas akan mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun 2018 yang dimulai pada tanggal 3-5 Mei mendatang.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Muhammad Hassan, kepada awak media belum lama ini mengatakan, siswa yang mengikuti USBN adalah dari Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah.

Sedangkan untuk soal USBN tak lagi semuanya dibuat dari pusat, namun dari Kabupaten Kapuas. Untuk soal dari pusat sendiri hanya 20 persen saja, sisanya dibuat di Kabupaten Kapuas.

Hasan mengungkapkan bahwa 5 hari sebelum pelaksanaan, semua soal sudah didistribusikan dari percetakan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas.

“Pada saat semua soal berada di Kantor Dinas Pendidikan, kami minta bantuan dua atau tiga anggota polisi dari Polres Kapuas untuk pengamanan,” ujarnya.

Sebanyak 7.257 siswa sekolah dasar yang akan mengikuti USBN tersebut terdiri dari siswa putra 3.735 orang dan siswa putri berjumlah 3.522 orang.

Adapun mata pelajaran yang diujikan dalam USBN, seperti bahasa Indonesia, matematika dan ilmu pengetahuan alam. Sedangkan IPS, PPKN dan agama masuk dalam ujian sekolah.

“Untuk hasil USBN memang tidak menentukan kelulusan siswa, namun nilai ujian ini akan menentukan atau pertimbangan diterima atau tidaknya siswa memasuki jenjang pendidikan diatasnya (SMP/sederajat),” terang Hasan. (irs)