Pemkab Kapuas Gelar Musrenbang dan Susun Rencana Kerja 2019

oleh
Pembangunan jalan Anjir Km 1- Sare Pulau – Pulau Kupang. Foto : Irs

KUALA KAPUAS – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kapuas Rianova mewakili Pjs Bupati Kapuas, Ermal Subhan, membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2019, Kamis (29/03/18) kemarin.

Kegiatan yang berlangsung di aula Kantor Bappeda Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas itu juga dihadiri Kepala Bappedalitbang Provinsi Kalteng, Yuren S Bahat dan sejumlah kepala SOPD diruang lingkup Pemerintah Kabupaten Kapuas.

Pjs Bupati Kapuas, Ermal Subhan, dalam sambutan tertulis dibacakan Sekda Kapuas mengungkapkan, berdasarkan evaluasi dalam pelaksanaan kegiatan selama ini terhadap pemenuhan dokumen perencanaan sebagian besar kecenderungan tidak disusun tepat waktu dan tepat kualitas.

“Oleh karena itu  untuk periode 5 tahun ke depan saya minta hal ini menjadi perhatian seluruh kepala perangkat daerah dan camat agar memenuhi kewajiban tersebut sesuai amanat Permendagri nomor 86 tahun 2017,” pintanya.

Kewajiban tersebut, sambung Ermal, masuk dalam rencana aksi pemerintah daerah dalam kegiatan koordinasi, supervisi dan pencegahan korupsi oleh KPK yang harus segera  dilaksanakan mulai tahun 2018 dengan penerapan e-planning yang terintegrasi dengan e-bugeting.

Rencana aksi tersebut akan dimonitor dan dievaluasi secara periodik oleh tim KPK untuk melihat sejauh mana keseriusan dan kesungguhan pemerintah daerah dalam mengimplementasikan rencana aksi dimaksud.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kapuas, Yan Hendri Ale, menjelaskan maksud diadakannya kegiatan Musrenbang,  adalah sebagai wadah bersama antar pelaku pemangku kepentingan dalam rangka mendapatkan masukan untuk penyusunan rancangan rencana kerja pembangunan daerah Kabupaten Kapuas tahun anggaran 2019. (irs)