Hindari Makanan Ini Jika Tak ingin Menderita Penyakit Kanker

oleh
Sosis merupakan salah satu makanan daging olahan, yang dapat memicu penyakit kanker

JAKARTA РKanker merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok menakutkan bagi semua orang. Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan, hanya sedikit orang saja yang berhasil survive melawan kanker yang menggerogoti tubuh mereka.

Meskipun demikian kanker dapat dihindari dengan melakukan gaya hidup sehat dan benar-benar memperhatikan cara mengolah makanan, olahraga yang teratur, serta hindari mengkonsumsi makanan yang dapat memicu timbulnya kanker.

Sebagai langkah awal sebaiknya Anda mulai meninggalkan beberapa makanan berikut ini karena dapat memicu timbulnya kanker dalam tubuh, terutama bagi mereka yang mempunyai riwayat kanker dalam keluarga. Makanan apa sajakah itu? Berikut daftarnya.

1. Daging olahan

Daging olahan seperti sosis, nugget, tempura, dan lain-lain memang dikenal sebagai makanan yang tidak sehat. Kandungan garam yang terlampau tinggi dan zat kimia yang tercampur di dalamnya disinyalir dapat memicu kanker di dalam tubuh.

2. Soft drink (minuman bersoda)

Kandungan kalori yang tinggi, gula, dan zat tambahan buatan menjadikan soft drink tidak memiliki manfaat nutrisi bagi tubuh. Sering mengkonsumsi minuman satu ini dapat merusak kesehatan tubuhnya dan dipercaya dapat menyebabkan kanker pankreas.

3. Sayuran dan buah yang berpestisida

Pestisida merupakan salah satu pemicu kanker. Untuk itu pilihlah sayuran dan buah yang organik atau jika kamu membeli sayuran dan buah di pasar, pastikan untuk mencucinya hingga benar-benar bersih.

4. Makanan yang diolah dengan cara dibakar

Bagi Anda yang mempunyai riwayat kanker dalam keluarga, sebaiknya hindari makan makanan yang diolah dengan cara dibakar di atas bara api atau arang. Sebuah kajian menemukan bahwa, dua jenis senyawa penyebab kanker dapat terbentuk selama pemanggangan, yaitu hidrokarbon polisiklik aromatic (PAH) dan amina heterosiklik (HCA).

5. Makanan yang dimasak menggunakan teflon yang sudah terkelupas

Memasak menggunakan teflon anti lengket memang praktis dan menyenangkan karena makanan yang dimasak dipastikan tidak lengket dan alat masak juga mudah untuk dicuci.

Namun, perlu Anda perhatikan jika lapisan teflon anti lengket miliki Anda sudah terkelupas sebaiknya tidak usah dipakai. Teflon mengandung PFOA (politetrafluoroentilenani) dapat menyebabkan beragam macam kesehatan jika masuk ke dalam tubuh.

Demikianlah beberapa makanan yang dapat memicu timbulnya kanker, sebaiknya hindari konsumsi makanan diatas agar tubuh menjadi sehat dan terhindari dari beragam penyakit, termasuk kanker. (dhs)