Polres Sanggau Gelar Sidak, Cegah Peredaran Ikan Kaleng Mengandung Cacing

oleh

SANGGAU – Guna mencegah peredaran ikan dalam kemasan kaleng yang mengandung parasit cacing, Polres Sanggau melalui Unit Intelkam Polres Sanggau pada Kamis (29/03/18) menggelar inspeksi mendadak di sejumlah pasar di Kota Sanggau.

“Ini giat llidik dan observasi yang dilaksanakan oleh Sat Intelkam Polres Sanggau,” kata Kapolres AKBP. Rachmat Kurniawan dalam releasnya kepada wartawan, Kamis (29/03/18).

Kapolres menyampaikan, berdasar sampling dan pengujian yang dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2018 terhadap 541 sample ikan dalam kemasan kaleng yang terdiri dari 66 merk, BPOM menemukan 27 Merk (138 bets) positif mengandung parasit cacing terdiri dari 16 Merk produk impor dan 11 Merk produk dalam Negeri.

Akibat temuan tersebut, BPOM menarik sejumlah produk hinggai audit konfrehensif yaitu ABC, ABT, AYAM BRAND, BOTAN, CIP, DONG WON, DR FISH, FARMER JACK, FIESTA SEAFOOD, GAGA, HOKI, HOSEN, IO, JOJO, KING FISHER, LSC, MAYA, NAGO/NAGOS, NARAYA, PESCA, POH SUNG, PRONAS, RANESA, S&W, SEMPIO, TLC dan TSC.

“Nah, inilah yang mendasari kami pada hari ini melakukan Lidik dan Observasi terhadap Pasar Tradisional dan Pasar Modern di wilayah Kota Sanggau terkait peredaran 27 jenis Ikan Makarel yang diduga mengandung Parasit Cacing,” jelas Kapolres.

Dikatakan Kapolres, ada enam lokasi yang disidak, yakni Intan Market yang berada di jalan. Ahmad yani Kelurahan Ilir Kota Kecamatan. Di minimarket tersebut petugas masih menemukan Sarden Merk. KING’S FISHER, BOTAN, ABC, AYAM BRAND. Lokasi kedua, yakni toko HOKI jalan Ahmad Yani Kelurahan Ilir Kota Kecamatan Kapuas. Di toko tersebut pemilik masih menjual Sarden Merk KING’S FISHER, BOTAN, ABC. Lokasi ketiga yakni Indomaret jalan Ahmad Yani Kelurahan Ilir Kota Kecamatan Kapuas.

Hasil pengecekan, pedagang masih diketahui menjual Sarden Merk KING’S FISHER, BOTAN, ABC, AYAM BRAND, MAYA,¬† PRONAS dan FIESTA. Lokasi ke empat, yakni Alfamart jalan Ahmad Yani Kelurahan Ilir Kota Kecamatan Kapuas. Hasil pengecekan, pedagang masih ditemukan menjual Sarden Merk¬† KING’S FISHER, ABC, MAYA. Lokasi ke lima Toko Bintang Mulia di lingkungan Pasar Senggol jalan Pangeran Mas Kelurahan Ilir Kota Kecamatan Kapuas. Hasil pengecekan, pedagang masih kedapatan menjual Sarden Merk KING’S FISHER, ABC, MAYA dan BOTAN. Lokasi ke enam yakni Toko Kani yang berada di lingkungan Pasar Sentral jalan Gajah Mada Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas. Dari hasil pengecekan masih ditemukan menjual Sarden Merk FIESTA dan BOTAN.

Mengingat adanya merk produk ikan makarel yang mengandung Parasit Cacing, kata Kapolres, kiranya perlu dilakukan kerjasama dengan instansi terkait untuk memberikan imbauan kepada masyarakat khususnya masyarakat.

“Kami memgingatkan masyarakat teliti sebelum membeli, jangan beli produk Makarel,” pesannya. (indra)