Listrik Padam, PDAM Gunakan Genset

oleh

MUARA TEWEH – Pemberlakuan pemadaman listrik oleh PLN Muara Teweh, yang dijadwalkan dua hari dalam seminggu, memang sudah berjalan. Seperti pada Sabtu dan Minggu, dimana jadwal pemadaman juga sudah disebutkan waktunya.

Sayangnya, pemadaman itu juga berimbas pada pelayanan air minum kepada seluruh pelanggan yang ada di kota Muara Teweh dan sekitarnya.

Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Barito Utara, Agus Surjanto, Rabu (28/03/18) petang mengatakan, untuk mengatasi pasokan listrik guna pengoperasian air minum, maka digunakan genset cadangan.

Menurutnya, untuk genset cadangan sendiri tersedia mesin 650 kva, dimana mesin ini juga merupakan proyek pengadaan tahun 2017. Sedangkan mesin yang dulu, sedang dalam perbaikan.

“Kalau sekarang kita menggunakan mesin yang baru, sementara mesin lama masih rusak dan sedang kita perbaiki. Untuk perbaikan sendiri diperkirakan memakan waktu dua minggu, karena alat masih dalam tahap pengiriman,” kata Agus Surjanto.

Dijelaskannya, saat listrik normal, PDAM menggunakan listrik negara, akan tetapi bila ada halangan, maka mesin cadangan dioperasikan. Sama seperti halnya pada saat PLN padam waktu hari Sabtu dan Minggu.

Dengan beroperasinya mesin genset sendri, maka pelayanan air bersih tetap berjalan seperti biasanya. oleh sebab itu, masyarakat pelanggan tidak perlu khawatir dengan pemadaman listrik, karena PDAM terus beroperasi sama seperti hari biasa.

Apalagi kata dia, untuk saat ini PDAM terus menambah pelanggan baru. Dimana kepuasan pelanggan adalah menjadi nomor satu. Begitu juga untuk wilayah Kecamatan lainnya.

Pada saat ini PDAM selain menambah jaringan baru, juga meningkatkan mutu layanan air bersih, baik wilayah perkotaan juga Kecamatan. (bani)