Dinas Pertanian Akan Tanam Padi Gogo Musim Okmar

oleh

MUARA TEWEH – Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Barito Utara, akan menanam 12 ribu hektar padi gogo di seluruh Kecamatan di Kabupaten Barito Utara.

“Pada musim tanam Oktober Maret (Okmar) akan ditanam padi gogo untuk lahan kering,” ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Barut, Ir. Setia Budi, Rabu (28/03/18).

Menurutnya, untuk wilayah Kabupaten Barito Utara terdapat lahan pertanian basah, dimana beririgasi memang sudah biasa dilakukan setiap tahunnya.

Kendati demikian, dinas pertanian tidak terpokus pada lahan itu saja, akan tetapi juga dikembangkan lahan kering. Sehingga nantinya untuk padi selain lahan basah juga padi ladang atau lahan kering.

“Jadi sesuai dengan arahan dan banyaknya lahan yang bisa dimanfaatkan, maka kita tidak terfokus pada lahan basah, tetapi juga lahan kering untuk berladang,” kata Setia Budi.

Dijelaskannya, untuk tahun ini luas tanam tersebut tersebar dibeberapa Kecamatan, dimana terdapat lahan kering untuk dijadikan areal tanam. Diharapkan juga dapat meningkatkan hasil pertanian dan meningkatnya pendapatan petani.

Selain padi gogo di lahan kering, dinas pertanian juga akan mengembangkan tanaman kubis dengan luas areal ratusan hektar.

“Untuk saat ini memang hanya dijadikan percontohan di jalan negara kilometer 12 arah Banjarmasin,” tuturnya.

Untuk pengembangan Holtikultura ini juga diperlukan lahan yang cocok, agar nantinya perkembangan lebih baik, terutama untuk seluruh petani di wilayah Barut.

“Dengan dikembangkannya tanaman Kubis, maka diharapkan perkembangan pertanian lebih meningkat, karena pada tahun sebelumnya kita juga kembangkan bawang,” pungkasnya. (bani)