Puluhan Pelajar Demo Reformasi Senjata Api di Kota Asal Ketua DPR

oleh
Legislator John Lewis, kiri, memimpin unjuk rasa melalui jalan-jalan di Atlanta pada 24 Maret 2018. Foto : afp

Puluhan siswa SMU di Wisconsin punya pesan bagi Ketua DPR AS Paul Ryan dan mereka menuju kota asal Paul Ryan untuk menyampaikannya.

Para siswa itu berangkat dari Madison berjalan lebih dari 80 kilometer menuju Janesville untuk menyampaikan pesan kepada Ryan, yang berbunyi sahkan undang-undang reformasi senjata yang bermakna sekarang juga.

Perjalanan selama empat hari yang diselenggarakan oleh siswa Shorewood High School itu disebut “50 Miles More.”

Mereka akan berjalan sekitar 12 mil (19 km) per hari selama liburan musim semi, mulai Minggu (25/3) dan berakhir dengan demonstrasi di luar kantor Ryan, pada Rabu (28/03/18) mendatang.

Demonstrasi “ditujukan kepada Paul Ryan karena peran utamanya dalam menghalangi dan mengubur setiap ada perubahan reformasi senjata berkali-kali,” diliansir situs web 50 Miles More.

“Kami siap untuk menekan para pemimpin utama negara sampai reformasi senjata menjadi prioritas bagi Partai Republik dan Demokrat. Kami tidak takut,” ujar

Bukan suatu kebetulan demonstrasi itu dimulai pada Minggu, tepat 53 tahun setelah pemimpin Hak Sipil Martin Luther King Jr. memimpin ribuan orang ke Montgomery, Alabama untuk mengakhiri demonstrasi selama lima hari dengan berjalan 54 mil (86 km), yang dimulai di Selma.

“Kami mempelajari sejarah dan para pemimpin muda generasi sebelumnya yang memicu perubahan nyata,” kata situs web itu. “Pada 1965, para pemimpin hak-hak sipil berjalan selama beberapa hari sejauh 54 mil (86 km)ke Montgomery. Jarak 54 mil(86km) membawa kita jauh menuju kemajuan, dan menjadi inspirasi untuk demonstrasi ini.”

Peserta demonstrasi itu telah bertambah menjadi lebih dari 40 orang, Senin.

Ryan, yang bersama anggota Kongres lainnya sedang reses dua minggu, pada Senin tidak berada di Amerika karena sedang melakukan kunjungan resmi ke Republik Ceko. (Miles)