Pemkab Kapuas Kaji Perda LPPL Radio dan Televisi ke Purwakarta

oleh
Jajaran Pemkab Kapuas bersama DPRD saat berkunjung ke Dinas Kominfo Kabupaten Purwakarta. Foto : Irs

KUALA KAPUAS – Jajaran Pemerintah Kabupaten Kapuas yang terdiri Dinas Kominfo, Bagian Hukum Setda Kapuas dan DPRD Kapuas melakukan study kaji banding Perda Lembaga Penyiran Publik Lokal (LPPL) penyiaran radio dan televisi ke Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Senin (26/03/18).

“Sebelumnya kami telah bertandang ke Diskominfo Kabupaten Tabalong yang telah memiliki Perda LPPL. Pemkab Tabalong merekomendasikan untuk bertandang ke Purwakarta karena sejak lama telah memiliki Perda LPPL Penyiaran, karena itu kami datang ke Purwakarta,” kata Kepala Dinas KominfoKapuas, Noor Alamsyah.

Saat bertemu dengan Diskominfo Kabupaten Purwakarta, UPTD Radio dan TV serta pengelola command centre Purwakarta.

Alamsyah mengatakan, bahwa pihaknya berkomitmen mewujudkan aplikasi sejenis di Kabupaten Kapuas.

“Sebab anggota DPRD Kapuas khususnya Komisi III sangat mendukung terwujudnya Perda LPPL penyiaran serta dimilikinya berbagai aplikasi pintar yang membantu dan mempermudah masyarakat mendapatkan layanan publik,” ujarnya.

Sedangkan Sekretaris Diskominfo Kapuas, Dr. H. Suwarno Muriyat dalam paparan naskah akademik Raperda LPPL mengungkapkan, Raperda Kapuas tentang LPPL penyiaran mengdopsi Perda sejenis milik Pemkab Banyuasin, Tabalong maupun Purwakarta serta penyesuaian dengan kondisi Kabupaten Kapuas.

Sementara itu Sekretaris Diskominfo Kabupaten Purwakarta, Ida Hamidah, dan jajarannya serta pengelola penyiaran publik Galuh Pakuan TV dan Radio Pro 89 FM Purwakarta, menjelaskan bahwa berkat adanya Perda LPPL penyiaran kini radio telah memiliki izin siar dari Kemenkominfo, sedangkan televisi sedang dalam proses perijinan namun tetap berproduksi dan ditayangkan melalui media tertentu. (irs)