Sepuluh Tips Dalam Membuat Resensi Buku

oleh
Contoh resensi buku

JAKARTA – Resensi buku adalah tulisan deskriptif yang diisi analisa kritis dan evaluasi pada mutu dari suatu buku. Bukan hanya ringkasan suatu buku seperti yang kerap di baca. Meresensi artinya juga melacak kemampuan serta kekurangan dari materi yang dianalisis.

Sesungguhnya, tak ada formula spesial menulis resensi buku. Sifatnya benar-benar pribadi serta mencerminkan pendapat peresensi. Juga kerapkali factor subyektivitas bermain besar disana. Penjelasan mungkin saja cuma 50-100 ungkap, dapat juga hingga 1500 ungkap. Hal semacam itu bergantung pada tujuan peresensi, serta umumnya juga media menuangkan resensi.

Meskipun tak ada formula spesial, sekurang-kurangnya ada banyak hal standard yang dapat dirujuk untuk menulis resensi buku.

1. Menulis info mutlak perihal buku tersebut : judul, penulis, tanggal hak cipta pertama, type buku, materi pelajaran umum, fitur-fitur spesial, harga serta ISBN.

2. Mengerti tujuan penulis menulis buku itu. Satu diantara cara yaitu membaca kata pengantar penulis. Bila tak ada, cobalah mengkaji dengan meminjam sudut pandang penulis buku. Dapat juga dengan membaca daftar isi.

3. Bacalah dengan cara total buku itu. Janganlah lupa untuk memegang pensil, bila setiap saat kita temukan hal yang bakal kita ulas. Kita dapat menandainya atau segera menuliskan di area kosong halaman itu.

4. Coba menilai seberapa baik buku itu. Apakah kita bakal mereferensikan pada yang lain? Mengapa? Carilah juga kekurangan buku itu. Serta meresensi novel umpamanya, kita dapat meninjau dari segi intrinsik tulisan.

5. Upayakan mencari info selanjutnya perihal penulis – reputasi, kwalifikasi, dampak, biografi, serta yang lain – info relevan dengan buku yang paling akhir serta itu bakal menolong untuk bangun otoritas penulis.

6. Bila butuh, buat catatan tentang format buku – tata letak, penjilidan, tipografi, dsb. Adakah diagram atau ilustrasi? Apakah menolong pembaca lebih gampang mengerti isi buku?

7. Periksa hal semacam ini kembali : Apakah indeksnya akurat? Periksa tiap-tiap catatan akhir atau catatan kaki. Apakah berikan info penambahan yang mutlak? Buat catatan dari kesalahan mutlak yang di buat penulis.

8. Buat ringkasan pendek dilengkapi rangkuman umum. Janganlah sangsi bikin perbandingan dengan buku sejnis karya penulis yang lain. Dapat juga memperbandingkan dengan karya pada mulanya dari penulis itu. Apakah tambah baik? Untuk meresensi satu buku, kerapkali kita mesti membaca buku yang lain.

9. Hal paling gampang belajar dengan cepat menulis resensi buku yaitu membaca resensi buku karya perensi yang lain. Beberapa orang sering mengacu pada beberapa koran hari Minggu. Carilah yang style menulis yang kita sukai. Cermati dengan baik pola tulisannya, apakah dari umum ke spesial atau sebaliknya.

10. Janganlah senang dengan menulis satu resensi. Buat jadi rutinitas tiap-tiap usai membaca buku menuliskan resensinya. Baik untuk keperluan beroleh materi maupun kepuasan pribadi. (1001 Tips)