Meskipun Bermanfaat, Ternyata.! Kacang Hijau Berbahaya jika Dikonsumsi Berlebih

oleh

JAKARTA – Kacang hijau merupakan salah satu bahan makanan yang digemari masyarakat Indonesia, biasanya kacang hijau diolah menjadi bubur yang memiliki cita rasa lezat dan membuat ketagihan siapapun yang mengkonsumsinya.

Tanaman yang masuk ke dalam jenis polong-polongan ini selain dimanfaatkan sebagai sajian kuliner, juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Bahkan sejak zaman dahulu, orang-orang China menggunakan kacang hijau untuk obat-obatan, seperti menurunkan panas dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Kacang hijau kaya akan serat, vitamin A, zat karotenoid, mineral essensial, vitamin B, asam folat, kalsium, serta vitamin B1 dan B2.

Dengan kompleksnya zat gizi yang terkandung kacang hijau baik untuk dikonsumsi sehari-hari, baik itu dengan cara menjadikannya olahan makanan, seperti bubur atau dengan meminum air rebusannya saja.

Meminum air rebusan kacang hijau tanpa tambahan apapun, merupakan cara yang baik untuk mendapatkan khasiat dari kacang hijau secara maksimal.

Manfaat serta khasiat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi kacang hijau adalah sebagai berikut.

1. Baik untuk pencernaan

Kacang hijau dikenal sangat baik untuk membantu melancarkan pencernaan serta menjaganya agar tetap sehat.

2. Mencegah anemia

Bagi yang memiliki penyakit anemia atau kurang darah, sangat disarankan untuk menglonsumsi air rebusan kacang hijau setiap hari. Karena kacang hijau mengandung zat besi yang baik untuk pembentukan sel darah merah.

3. Baik untuk kesehatan mata

Tingginya vitamin A yang terkandung membuat kacang hijau mempunyai manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

4. Baik untuk kulit dan rambut

Vitamin E yang terkandung dalam kacang hijau mampu menjaga kesehatan kulit dan menjadikan rambut tetap kuat.

5. Baik untuk ibu hamil

Kandungan mineral, vitamin serta asam folat, menjadikan kacang hijau merupakan salah satu makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil. Sebagaimana diketahui bersama kandungan nutrisi dalam kacang hijau sangat baik untuk kesehatan dan perkembangan otak janin.

Meskipun baik untuk kesehatan, namun ternyata kacang hijau memiliki bahaya tersendiri bagi yang mengkonsumsinya secara berlebihan, meskipun tidak terjadi pada semua orang namun Anda pun perlu waspada.

Konsumsilah kacang hijau dalam jumlah yang sewajarnya. Ada pun efek samping yang bisa saja terjadi adalah perut kembung, karena kandungan gula dalam kacang hijau sulit untuk dicerna oleh tubuh, maka kacang hijau akan menghasilkan gas yang membuat perut terasa kembung serta tidak nyaman.

Selain itu tingginya kandungan protein atau asam amino yang tinggi, maka hal tersebut akan memberatkan kerja ginjal. Untuk itu bagi Anda yang gemar mengkonsumsi kacang hijau, sebaiknya konsumsilah dalam jumlah cukup dan tidak berlebihan, agar manfaat dari kacang hijaulah yang didapat, bukan sebaliknya. (rls)