Begini Kebiasaan Hidup yang Dapat Rusak Otak

oleh

JAKARTA – Salah satu organ tubuh yang paling penting bagi manusia adalah otak. Organ yang ada di dalam kepala ini mengatur seluruh fungsi dan kinerja dari organ-organ tubuh lainnya di dalam tubuh.

Jika sampai kita mengalami gangguan otak, dikhawatirkan akan terjadi gangguan fisik atau mental yang tidak bisa disepelekan begitu saja. Yang menjadi masalah adalah, kita kerap melakukan kebiasaan yang bisa merusak kesehatan otak. Apa sajakah kebiasaan tersebut?

1. Kurang tidur

Demi menonton televisi, serial drama kesayangan, bermain game, atau sekadar mengobrol, kita seringkali menyepelekan waktu tidur dan memilih untuk begadang. Padahal, kurang tidur bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan otak kita. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk minimal mendapatkan waktu tidur 6-7 jam setiap malam. Jika kita tidur kurang dari durasi waktu tersebut, maka kita pun akan sulit untuk berkonsentrasi dan mengalami penurunan fungsi kognitif dengan signifikan.

2. Suka mengkonsumsi yang manis-manis

Makanan dan minuman manis memang bisa membuat kita ketagihan. Sayangnya, sering mengonsumsi makanan dan minuman manis bisa memicu lonjakan kadar glukosa dan akhirnya mempengaruhi kesehatan otak, khususnya dalam meningkatkan risiko terkena Alzheimer.

3. Tidak memperhatikan kebersihan udara

Jika kita tinggal di ruangan yang cenderung kotor atau berada di lingkungan yang penuh dengan polusi, debu, dan kotoran, maka hal ini juga bisa membuat otak kita lebih rentan terkena kerusakan.

4. Membiarkan penat dan stres terus menyerang

Kadangkala kita mengalami stress atau rasa penat yang membuat pikiran kita sulit untuk berkonsentrasi. Sayangnya, bukannya mengambil waktu untuk refreshing atau menenangkan pikiran, kita justru membiarkannya begitu saja. Hal ini ternyata bisa menyebabkan kerusakan otak dengan signifikan.

Tak hanya kerap melakukan refreshing, tidur dengan waktu yang cukup, dan mengurangi asupan makanan manis, pakar kesehatan menyarankan kita untuk sering-sering mengonsumsi makanan atau suplemen yang menyehatkan otak dan menghindari minuman beralkohol.