Waspada.! Kanker Paru-Paru Dapat Tumbuh Karena Kebiasaan Berikut

oleh

JAKARTA – Kanker paru-paru adalah jenis penyakit ganas yang memiliki angka kematian tidak sedikit di dunia. Penyakit ini sangat sering mengintai orang dewasa yang memiliki umur di atas 45 tahun, berbeda dengan jenis kanker lainnya.

Pertubuhan sel kanker yang dianggap tidak lazim ini, ternyata sebagian besar disebabkan oleh beberapa faktor, khususnya yang berhubungan dengan paru-paru. Nah, berikut adalah penyebab kanker paru-paru secara medis yang wajib kamu ketahui.

1. Perokok Pasif dan Perokok Aktif

Banyak yang mengatakan, rokok adalah penyebab utama dari beberapa penyakit salah satunya adalah kanker paru-paru. Menurut hasil diagnosis yang dilakukan oleh beberapa ahli medis, lebih dari 80% penyebab utama kanker adalah kebiasaan merokok yang berlangsung lebih dari belasan tahun. Bahkan perokok pasif pun juga bisa mengalami hal serupa, karena sama – sama menghirup zat kimia yang terkandung dalam partikel yang dikeluarkan oleh rokok.

2. Paparan Zat Kimia

Berbagai risiko paparan zat kimia juga dapat berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuh kita. Beragam macam pekerjaan yang kita miliki, tentu ada sebagian orang yang memiliki profesi pekerjaan yang berkaitan dengan zat kimia. Saat mereka tidak sengaja menghirup gas kimia, itu sangat berdampak buruk bagi perkembangan sel sehat dalam organ paru-paru. Akibat dari kelalaian ini, maka sel dalam tubuh akan berkembang menjadi cacat yang berkembang menjadi kanker paru-paru.

3. Riwayat Penyakit Paru-paru

Penyakit paru-paru secara medis dapat menyerang pasien saat usia penderita mencapai 45 tahun. Namun jika penyakit paru-paru ini termasuk dalam gen penyakit riwayat, maka tidak menutup kemungkinan penderita dengan usia dibawah 45 tahun juga bisa terjangkit kanker seperti ini.

4. Pola Makan Tidak Seimbang

Tubuh manusia sebenarnya memiliki mekanisme perbaikan sel yang rusak akibat paparan zat kimia dan polusi udara tak sehat. Yaitu perbaikan sel tubuh melalui keseimbangan gizi yang setiap hari kita konsumsi.

Agar mekanisme ini berjalan dengan stabil, sangat disarankan bagi kita untuk mengonsumsi jenis makanan yang mengandung senyawa tertentu. Layaknya rajin konsumsi vitamin, antioksidan, beta karoten, dan flavonoid. Berikut adalah buah yang berperan membantu mencegah penyakit kanker, antara lain tomat, anggur, beri dan nanas. (umaiya)