Penyampaian SPT Tahunan PPH Orang Pribadi 2017 Melalui e-filing Pemkab Barut

oleh
Suasana rapat di aula Bappeda Litbang Barito Utara. Foto : Bani

MUARA TEWEH – Sekretaris Daerah Barito Utara, H. Jainal Abidin menyampaikan bahwa pengeluaran biaya pelaksanaan pembangunan di kabupaten Barito Utara dapat terlaksana dengan adanya sumber pendapatan pemerintah daerah yang salah satunya berasal dari penerimaan pajak, dan hal itu tertuang dalam APBD.

“Ini menuntut kita untuk senantiasa melaksanakan pemenuhan kewajiban perpajakan demi terselenggaranya pembangunan indonesia pada umumnya dan diwilayah daerah Kabupaten Barito Utara khususnya,” katanya di aula Bappeda Litbang, Rabu (14/03/18).

Menurutnya, Salah satu tugas ASN adalah menyampaikan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT Tahunan) pajak penghasilan wajib pajak orang pribadi dengan lengkap, benar dan tepat waktu.

Dalam kedudukannya sebagai ASN, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melalui surat edaran Nomor 8 Tahun 2015 tanggal 31 Desember 2015 tentang kewajiban menyampaikan SPT tahunan PPh ASN/Anggota TNI/Polri melalui E-Filling, telah mengamanatkan kepada kita untuk melaksanakan kewajiban pelaporan SPT Pajak Penghasilan tersebut.

Dengan adanya E-filing diharapkan akan mempermudah pelaporn SPT tahunan terkhususnya kepada ASN dilingkup Kabupaten Barito Utara.

Sugeng Santosa, Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Muara Teweh, dalam sambutannya juga menyampaikan agar semua warga negara terkhususnya ASN mematuhi kewajibannya sebagai wajib pajak.

Dengan adanya E-filling diharapkan akan mempermudah wajib pajak dalam menyampaikan SPT Tahunan oleh ASN secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website Direktorat Jenderal Pajak.

Menurutnya, Kabupaten Barito Utara mendapat peringkat pertama  se-Kalimantan Selatan dan Tengah dalam pelayanan pajak.

Dengan ini diharapkan dapat menjadi contoh kepada masyarakat, khususnya Barito Utara untuk terus mempertahankan pencapaian yang telah diperoleh karena pada hakekatnya mempertahankan lebih sulit ketimbang mencapainya.

Acara diakhiri dengan Pemberian penghargaan kepada bendaharawan terbaik Kabupaten Barito Utara yang diserahkan oleh Sekretaris  Daerah dan Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Muara Teweh serta didampingi perwakilan Bank Kalteng.

Acara aksi panutan 2018 dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah, Asissten III Kabupaten Barito Utara, Sekretaris DPRD, SOPD, perwakilan bank Kalteng cabang  Barut serta tamu undangan lainnya. (Bani)