16 Puskesmas di Barito Utara Ikuti Orientasi PIS PK

oleh
Suasana Orientasi PIS PK di Barito Utara. Foto : Bani

MUARA  TEWEH – Sebanyak 80 peserta dari 16 Puskesmas se Kabupaten Barito Utara (Barut) mengikuti kegiatan orientasi program indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (PIS PK) yang diadakan di aula Dinas Kesehatan setempat, Senin (12/03/18). Kegiatan orientasi PIS PK ini di hadiri Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara, H Robansyah.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara, H Robansyah mengatakan tujuan dari orientasi PIS PK ini untuk meningkatkan akses keluarga terhadap pelayanan kesehatan yang komprehensif.

“Juga mendukung pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kabupaten, mendukung pelaksnaan jaminan kesehatan nasional (JKN) serta mendukung tercapainya program indonesia sehat,” kata H Robansyah saat membuka kegiatan tersebut.

Menurutnya, program PIS PK ini dilakukan di puskesmas dengan melakukan pendataan, integrasi kedalam program di pusksemas, intervensi masalah kesehatan serta evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan.

Program PIS PK ini juga katanya dapat membantu kemandirian masyarakat dalam menjaga kesehatan dengan cara meningkatkan pengetahuan, kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap warga agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

“Pendekatan keluarga merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh puskesmas untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat,” imbuhnya.

Dijelaskan H Robansyah, agar implementasi pendekatan keluarga dapat terselenggara dengan baik kama perlu adanya orientasi indonesia sehat dengan pendekatan keluarga bagi petugas kesehatan tingkat Kabupaten Barito Utara.

Hal ini tambahnya guna meningkatkan pemahaman pemegang program untuk melakukan kegiatan PIS PK di masing-masing puskesmas dengan baik dan maksimal.

“Orientasi ini diharapkan dapat membantu memegang program PIS PK untuk membuat rencana, analisis, intervensi dan evaluasi program kegiatan yang akan dilakukan. Dan diharapkan para peserta dalam mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh agar tujuan dari program PIS PK dapat terlaksana dengan baik,” pungkasnya.

Sementara, panitia orientasi PIS PK, Ismansyah mengatakan tujuan dari kegiatan ini para peserta diharapkan mampu memahami konsep, pelaksanaan dan peran puskesmas dalam pendekatan keluarga.

Mampu melaksanakan pendataan keluarga, mampu menganalisis hasil pendataan keluarga, mampu melakukan intervensi kepada individu, keluarga dan komunitas serta dapat melakukan program berkelanjutan dari program PIS PK. (Bani)