Lima Fakta Kehidupan Warga Negara Brunei yang Buat Iri

oleh
Istana kesultanan Brunei Darussalam. Foto : asianlife.com

JAKARTA – Apa yang terlintas dipikiran anda ketika mendengar nama Brunei Darussalam? Mungkin sebuah negara kecil yang bertetangga dengan Indonesia atau justru sang Sultan yang bernama Sultan Bolkiah-lah yang langsung anda ingat.

Brunei Darussalam memang merupakan salah satu negara tetangga kita, meski begitu rasanya tidak salah jika nama sang sultan yang justru lebih dikenal masyarakat. Bukan hanya karena dia adalah seorang raja yang memimpin sebuah negara namun juga karena kekayaannya yang melebihi akal sehat.

Sebenarnya bukan tanpa alasan mengapa sang raja bisa begitu kaya, pasalnya Brunei sendiri memang merupakan salah satu negara kaya raya penghasil minyak. Nah hidup disebuah negara yang kaya, mungkin akan membuat kita penasaran bagaimana sih kehidupan warga negaranya? Dan berikut ini 5 fakta kehidupan di Brunei Darussalam yang bikin orang Indonesia iri.

1. Rakyat Bebas Pajak

Di Indonesia, rakyat masih dibebankan berberapa jenis pajak padahal secara ekonomi banyak rakyatnya yang hidup jauh dari kata makmur. Hal ini sangat berbeda dengan Brunei Darussalam dimana pemerintah sudah membebaskan rakyatnya dari segala jenis pajak. Jadi rakyat Brunei bisa tenang tanpa perlu memikirkan pajak negara.

2. Pemerintah yang Stabil

Berbeda dengan banyak negara Asia lainnya yang dipimpin oleh seorang presiden, tidak banyak yang tahu jika Brunei Darussalam justru dipimpin oleh seorang raja. Ya Brunei Darussalam adalah sebuah negara kerajaan monarki dimana kepala pemerintahan dipegang oleh seorang sultan bernama Sultan Hassanal Bolkiah. Bukan hanya dikenal karena kekayaannya, Sang Sultan juga dikenal sangat pandai dalam memerintah. Hal ini terbukti dari stabilnya ekonomi di negara tersebut. Yang unik adalah, mata uang Brunei Darussalam sama nilainya dengan mata uang Singapura sehingga anda bisa menggunakan dollar Singapura di Brunei dan begitu pun sebaliknya.

3. Biaya Hidup Murah

Tidak seperti negara maju lainnya yang memiliki biaya hidup dengan harga selangit, di Brunei biaya hidup justru cenderung lebih murah. Penyebabnya adalah karena rakyat sudah bebas pajak, harga BBM yang murah, plus biaya sehari-hari seperti pendidikan dan kesehatan yang sepenuhnya sudah ditanggung pemerintah. Selain itu harga sewa rumah, makanan dan berbagai kebutuhan pokok lainnya juga memiliki harga yang termasuk murah dibandingkan dengan negara maju lainnya.

4. Biaya Pengobatan Gratis

Warga Brunei tidak terlalu dibebankan dengan mahalnya biaya kesehatan. Ini karena semua warganya berhak mendapatkan fasilitas kesehatan gratis. Pemerintah Brunei sudah menyediakan asuransi kesehatan bagi semua warga negaranya. Asuransi ini bisa digunakan untuk menangani berbagai masalah kesehatan mulai dari penyakit ringan hingga gawat. Yang lebih kerennya lagi adalah, jika ternyata rumah sakit di Brunei tidak mampu menangani penyakit pasien, maka pasien akan dibawa ke luar negeri untuk menjalani pengobatan. Urusan biaya? Tenang, pemerintah yang akan menanggung semuanya.

5. Pendidikan Gratis

Selain kesehatan, biaya pendidikan juga menjadi hal yang seringkali menjadi beban banyak orang. Di Brunei, semua rakyatnya bisa sekolah tanpa memikirkan biaya. Pasalnya dari sekolah TK hingga universitas semuanya gratis karena pemerintah lah yang akan membayar semuanya. (sayalia)