Alutsista Pertama di Dunia Ini Adalah Buatan Indonesia

oleh
Tankboat atau antasena alutsista pertama di dunia buatan Indonesia. Foto : militer.com

JAKARTA – PT Pindad bekerja sama dengan PT Laundi dan CMI Defence, kembali membanggakan Indonesia dengan menciptakan jenis alutsista pertama didunia yang belum pernah ada sebelumnya yaitu tank boat yang diberi nama Antasena, nama Antasena merupakan nama yang diberikan oleh Wakil presiden kita Jusuf Kalla, berdasarkan mitologi wayang.

Ini merupakan jenis kapal pertama didunia yang merupakan gabungan antara kapal dan tank, sehingga dapat melaju layaknya kapal namun memiliki kemampuan gempuran dan pertahanan lapis baja dahsyat layaknya tank.

Semenjak diluncurkan ternyata banyak negara-negara yang tertarik dengan tank kapal buatan Indonesia ini, beberapa diantaranya negara-negara timur tengah seperti Uni Emirat Arab.

Hal itu tentunya sangat membanggakan karena itu merupkanan bukti bahwa alutsista kita semakin diakui oleh dunia

Lalu bagaimanakah kemampuan dari Antasena, inilah beberapa kemampuannya :

Melaju hingga 74km/jam

Tank boat ini menggunakan diesel buatan MAN daya 1200 Hp yang mampu membuat tank ini melaju hingga 74km/jam atau 40 knots. ibarat jet tempur tank yang menggunakan mesin untuk daya dorongnya tank boat ini juga menggunakan prinsip mesin tersebut degan menggunakan mesin water jet pump untuk mendorongnya, kelebihan dari water jet pump dibanding baling-baling tentunya pada saat menerjang ranting dan kayu tidak akan kesulitan sedangkan jika menggunakan baling-baling biasanya akan rusak.

Daya jelajah 2000 mil

Daya jelajah bisa mencapai sekitar 2000 mil atau 400 nautical, dengan jarak seperti itu tentunya akan menghemat bahan bakar secara maksimal. karena bisa digunakan jarak jauh bolak balik tanpa perlu isi bahan bakar.

Meriam yang mematikan

Dilengkapi meriam jenis CT-CV diameter 105 mm dan sensor yang mampu membidik musuh 5 km secara tepat dan maksimal 15 km untuk jangkauan meriam ini.

juga dilengkapi dengan RCWS dengan kaliber 7.62mm yang mampu menghancurkan musuh dengan bantuan sistem nadir dan navigasi yang canggih.

Susah untuk dilacak radar

Dengan ukuran hanya 18 m membuat tank boat ini mampu untuk menghindari radar musuh sehingga dalam operasi operasi sabotase akan memudahkan.

Tank boat ini mampu di rawa,sungai, bahkan laut. Sebenernya pembuatan tank boat antasena ini adalah jawaban dalam kebutuhan dalam menjangkau markas musuh yang berada didalam rawa, atau yang masuk didalam sungai pedalaman, karena selama ini untuk menjangkau markas musuh tersebut diperlukan alutsista berat yang tentunya sangat mahal. (reanon)