Ketua Kwarcab Pramuka Kapuas Ajak Peserta KMD Pramuka Aktif Bina Pemuda

oleh
Sekretaris Kwarcab Kapuas, Dr H Suwarno Muriyat, bersama dengan peserta KMD Pramuka Timpah. Foto : Irs

KUALA KAPUAS – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kapuas, Rianova SH, melalui Sekretaris Kwarcab Kapuas, Dr H Suwarno Muriyat, mengajak seluruh peserta Kursus Mahir Dasar (KMD) agar semakin berperan aktif dalam membina anak dan pemuda Indonesia.

Ajakan ini disampaikan Suwarno Muriyat saat menutup Kursus Mahir Dasar Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Timpah di Kecamatan Timpah, belum lama ini.

Membacakan sambutan tertulis Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kapuas, Rianova SH, Suwarno mengatakan, gerakan Pramuka bertujuan membentuk setiap Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa.

Guru yang telah mengikuti KMD diharapkan semakin meningkat kesukarelaannya sebagai pembina Pramuka sehingga akan mampu memberikan kecakapan hidup kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup.

Suwarno yang juga Sekretaris Diskominfo Kabupaten Kapuas ini menjelaskan, bahwa KMD adalah jenjang pendidikan paling dasar sebagai pembina Pramuka. Sedangkan kursus mahir lanjutan, kursus pelatih dasar dan kursus pelatih lanjutan dapat diikuti setelah peserta kursus telah mengabdikan dirinya secara sukarela dalam kurun waktu minimal 6 bulan untuk dapat meneruskan ke jenjang tertinggi yaitu kursus pelatih lanjutan.

Sementara itu Pengurus Kwaran Timpah, Joni SPd, mengatakan, bahwa sebanyak 34 guru SD, SMP dan SMA se Kecamatan Timpah dan 2 peserta dari Kecamatan Pasak Talawang secara swadaya selama enam hari, pagi hingga malam telah mengikuti seluruh rangkaian kursus. (irs)