Belum Ada Temuan Pelanggaran Kampanye, Panwaslu Pontianak Ajak Masyarakat Awasi Pilwako dan Pilgub

oleh
Ketua Panwaslu Kota Pontianak, Budahri. Foto : Istimewah

PONTIANAK РDalam mengawasi proses tahapan dan pelaksanaan Pilwako dan Pilgub Kalbar 2018, Panwaslu Pontianak akan mengajak seluruh masyarakat dan stakeholder untuk turut berpartisipasi.

“Peran sera masyarakat maupun stakeholder untuk membantu kami dalam mengawasi tahapan dan pelaksanaa Pilwako Pontianak maupun Pilgub Kalbar sangat kami butuhkan,” ujar Budahri, Ketua Panwaslu Kota Pontianak, Selasa (06/03/18).

Disela-sela acara rapat koordinasi bersama stakeholder, Budahri menyebutkan partisipasi masyarakat dan stakeholder itu, berupa membantu mengawasi proses pelaksanaan kampanye dalam Pilwako Pontianak serta Pilgub Kalbar 2018.

Apalagi, saat ini pasangan calon yang mengikuti kontestasi Pilwako Pontianak maupun Pilgub Kalbar sedang melaksanakan kampanye terbuka.

“Dengan melakukan pengawasan, maka dapat diketahui, apakah setiap pasangan calon dalam Pilwako maupin Pilgub menyampaikan programnya kedepan itu dengan baik, atau tidak ada hal yang mengandung SARA dan ujaran kebencian,” ujarnya.

Hingga kini, Panwaslu Kota Pontianak belum menerima laporan atau menemukan adanya pelanggaran masing-masing pasangan calon dalam berkampanye. Namun untuk Alat Peraga Kampanye (APK) ada indikasi pelanggaran, tapi untuk menindaknya Panwaslu akan berkoordinasi terlebih dahulu.

“Dari hasil koordinasi nantinya, jika memang terbukti melakukan pelanggaran, Panwaslu bersama Sat Pol PP akan menertibkannya,” ujar Budahri. (Dod)