Waspada..!! Tambah Anggaran Alutista, Taiwan Ancam Posisi Indonesia Diperingkat Militer Terkuat di Dunia

oleh
Kekuatan militer Taiwan. Foto : news.usni.org

TAIPE – Taiwan meningkatka kekuatan militer. Perdana Menteri Taiwan, Lai Ching-te, menyatakan akan meningkatkan alokasi belanja pertahanan untuk mencapai tujuan tersebut.

Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen berjanji akan terus meningkatkan anggaran pertahanan negaranya. Pertumbuhan 2 persen alokasi belanja militer ditetapkan akan dilakukan setiap tahunnya.

Pemerintah Taiwan telah mengajukan anggaran sebesar 10,7 miliar dolar atau setara 147 triliun. Angka ini lebih tinggi ketimbang anggaran pertahanan Indonesia pada 2018 yang mencapai Rp107,7 triliun.

Dalam ranking Global Fire Power, kekuatan Taiwan berada dua tingkat dibawah Indonesia. Taiwan menempati posisi 16, sementara Indonesia berada di peringkat 14. Posisi ini membuat Indonesia menjadi negara terkuat di ASEAN.

Jika dibandingkan, Indonesia memiliki kekuatan di matra udara dan laut, dengan 441 pesawat dan 221 kapal. Kekuatan Taiwan berada pada kekuatan darat dengan kepemilikan tank yang mencapai 1.545 unit dan 5 juta personel militer.

Hal ini tentu harus diantisipasi oleh TNI agar tak cuma mempertahankan status sebagai militer terkuat di Asia Tenggara, tapi juga menembus 10 besar militer terkuat di dunia. (gemagaung)