Ini Mukjizat Nabi Idris Sang Penghuni Surga Tanpa Kematian

oleh

PONTIANAK – Nabi Idris merupakan keturunan nabi Syits. Nama asli Nabi Idris sebenarnya adalah Khanukh, karena kecerdasan yang luar biasa dan semangat belajar yang tinggi maka Nabi Syits menjuliki Khanukh sebagai Idris. Silsilah Khanukh secara lengkap adalah Khanukh bin Yarid bin Mahlail bin inna bin Anusy bin Syits bin Adam AS.

Diantara kecerdasan yang dimiliki Nabi Idris, inilah Mukjizat yang dianugerahkan Allah SWT kepada Nabi Idris AS.

Mampu Menulis dan Membaca

Jika melihat riwayat sejarah manusia, maka Nabi Idris as merupakan seorang nabi yang pertama kali bisa dan pintar menulis serta membaca. Itulah sebabnya, Allah SWT menurunkan kepada Nabi Idris AS 30 syahifah, yaitu petunjuk Allah SWT untuk disampaikan kepada umatnya.

Mampu Menunggang Kuda

Kehidupan nabi yang sangat lampau mengantarkan mereka pada keterbatasan alat transportasi. Sehingga tidak ada yang mampu menunggung kuda.

Menguasai Ilmu Perbintangan dan Membuat Pakaian

Jika kuda saja sangat jarang ada yang menunggangi, maka ilmuan astronomi, arkeolog, dan ilmuan lainnya jelas belum lahir. Namun demikian, Nabi Idris memiliki kemampuan menguasai ilmu perbintangan bahkan membuat pakaian.

Waktu luangnya seringkali diisi dengan kegiatan menjahit pakaian untuk kemudian diberikan kepada orang-orang miskin. Beliau juga senantiasa tidak pernah lepas dari ibadah puasa.

Mendapat Gelar Asad Al-Usud

Gelar “Asad Al-Usud”artinya singa dari segala singa. Julukan ini diberikan pada Nabi Idris karena Nabi Idris merupakan lelaki pemberani dan tidak takut mati. Melalui bekal ilmu pengetahuan yang lengkap, kekuatan serta kehebatan yang mumpuni, Nabi Idris tak pernah gentar kepada siapa pun dan tidak pernah berputus asa dalam menjalan tugasnya sebagai seorang Nabi. Beliau memerangi setiap orang yang ingkar kepada Allah SWT.

Mampu Menikam Mata Iblis

Pada suatu hari, Iblis menggoda ketakwaan nabi Idris dengan menyamar menjadi seorang lelaki tua. Saat itu Nabi Idris sedang menjahit pakaian. Karena Nabi Idris cerdas dan memiliki wawsan yang luas, tentu saja Beliau mengetahui penyamaran sang Iblis.

“Kemarilah, dekatlah denganku dan tanyalah yang engkau ingin tanyakan,” kata nabi Idris.

Iblis yang menduga bahwa ia mampu menyamar dengan baik dan menipu Nabi Idris mendekati Beliau dengan perasaan senang.

Iblis berkata, “Bisakah Tuhanmu memasukkan dunia ke dalam telur ini?”

Nabi Idris pun menjawab dengan penuh keyakinan, “Jangankan memasukkan dunia ke dalam telur sebesar ini, memasukkannya ke dalam lubang jarumku ini pun Tuhanku berkuasa melakukannya”.

Dengan cepat kilat Nabi Idris langsung menusukkan jarumnya ke mata iblis. Seketika Iblis menjerit kesakitan untuk mengetahui bahwa ternyata penyamaran dan tipu dayanya berhasil diketahui Nabi Idris. Mata iblispun menjadi buta,kemudian Ia berlari tunggang langgang hingga menghilang dari pandangan Nabi Idris AS

Itulah lima mukjizat Nabi Idris yang memukau. Mengajarkan kepada kita pentingnya belajar pada sumber yang tepat dan mengamalkannya dengan baik. Jika ada yang belum mengetahui, Nabi Idris adalah satu-satunya Nabi yang tinggal di Surga tanpa mengalami kematian.