TIM Gakkumdu Bawaslu Kalbar Cari Fakta Keterlibatan ASN

oleh
Ilustrasi

PONTIANAK – Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kalimantan Barat, menerima dua laporan tentang dugaan keterlibatan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Politik Praktis pada Pilkada Gubernur Kalbar 2018-2022.

Ketua Bawaslu Provinsi Kalbar, Ruhermansyah mengatakan, laporan yang masuk ke Bawaslu akan segera ditindaklanjuti dalam lima hari.

“Laporan pertama tentang ASN yang mengacungkan jari dengan simbol angka tertentu pada saat jamuan makan. ASN lainnya, hadir dan berfoto dalam sebuah acara,” jelas Ruhermansyah di Kantor Bawaslu Kalbar belum lama ini.

Seperti halnya laporan serupa sebelumnya, Bawaslu juga akan menindaklanjuti dengan tim yang tergabung dalam Sentra Gakumdu (penegakan hukum terpadu). Dalam lima hari ke depan, laporan itu sudah membuahkan hasil.

“Kami akan melakukan pencairan fakta. Apabila ada dua alat bukti yang mengarah kepada pelanggaran, maka akan ditindaklanjuti ke laporan dan dilanjutkan kemudian ke penyidikan,” paparnya.

Informasi tentang kedua ASN ini lanjut dia, didapat melalui foto yang ditunjukan pada pihaknya. Foto itu akan ditelusuri sejauh mana kebenarannya.

Meskipun masih berbentuk laporan secara lisan, tetapi tidak akan diabaikan begitu saja.

Pencarian fakta akan dilakukan kata Ruhermansyah, apa bila memang pihaknya dapat menemukan dua alat bukti yang diduga mengarah kepada bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh kedua oknum ASN di tingkat Provinsi Kalimantan Barat, maka akan diproses.

“Laporan tidak akan kami abaikan, kami juga mengapresiasi sebagai pengawasan partisipatif dari seluruh elemen masyarakat,” pungkasnya. (jon)