Beraksi Tiga Kali, Spesialis Copet Dilumpuhkan

oleh
Kanit Jatanras Satreskrim Polresta Pontianak Kota menunjukan barang bukti hasil kejahatan

PONTIANAK – Unit Jatanras, Satreskrim Polresta Pontianak Kota berhasil mengamankan tersangka copet yang sempat dilumpuhkan dengan timah panas. Sementara dua lainnya merupakan pelaku pencurian pada TKP yang berbeda.

Penangkapan tersebut disampaikan pada rilis yang dilakukan di Mapolresta Pontianak Kota, Kamis (01/03/18) sore.

Kanit Jatanras Satreskrim Polresta Pontianak Kota, Iptu Jatmiko mengatakan, tersangka copet berinisial BY, berhasil diamankan di Kampung Guntang, Kecamatan Ambawang, pada Kamis dini hari (01/03/18).

“BY merupakan pemain baru, namun cukup licin. Sebab sudah dua kali upaya penggerebekan dan penangkapan terhadap tersangka di lokasi yang berbeda, namun selalu lolos,” ungkapnya.

Apalagi, BY telah melakukan penjambretan sebanyak tiga kali yaitu di Jalan Karya Baru, Jalan Purnama dan di Jalan Harapan Jaya.

“Untuk waktunya, rata-rata di bulan Januari,” tambahnya.

Jatmiko menambahkan, BY merupakan pengembangan dari tersangka utama yang sudah ditangkap sebelumnya (OJ) yang saat ini sedang menjalani proses hukum. Terhadap laporan tersebut, masih terdapat satu kelompok yang saat ini belum diamankan atas nama (AG) yang masih menjadi DPO.

“Mudah mudahan dalam waktu dekat bisa kita amankan juga,” harapnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menggunakan handphone saat dalam perjalanan, dikarenakan hal itu merupakan sasaran empuk dari para pelaku pencopetan.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan yaitu tiga buah handphone dengan rincian, satu buah handphone merek Oppo dan dua buah handphone merek Samsung.

Tersangka akan dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman diatas lima tahun penjara. (Jon)