Tiga Naga Sambangi DPRD Provinsi Kalbar

oleh
Tiga naga mendatangi gedung DPRD Kalbar, sebagai ritual awal Buka Mata sebelum Cap Go Meh

PONTIANAK – Tiga naga dan barongsai mendatangi Gedung DPRD Provinsi Kalbar, Rabu siang (28/02/18). Kedatangan rombongan naga dan barongsai secara terpisah ini disambut oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalbar, Hj. Suma Jenny Heryani.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua DPRD Kalbar, Hj Suma Jenny Heryanti menuturkan, dengan prosesi ritual naga buka mata ini merupakan suatu keajaiban serta berkah dalam membantu masyarakat Kalbar untuk terhindar dari malapetaka. Supaya selalu diberi keselamatan dan kebaikan di dunia.

“Ini adalah budaya yang harus dilestarikan, bahkan dapat meningkatkan PAD Kalbar, khususnya masyarakat yang datang dari luar untuk pergi ke Singkawang,” katanya.

Dilanjutkan Suma, saat melaksanakan kunjungan di luar Kalbar, pihaknya selalu memperkenalkan Kota Singkawang.

“Kalau Kota Singkawang ini adalah Hongkongnya Kalimantan Barat,” terangnya.

Ia memaparkan, Cap Go Meh Kota Singkawang ini sudah terkenal di seluruh Provinsi di Indonesia bahkan sudah di Manca Negara.

“Cap Go Meh ini tidak ada di provinsi lain, cuma ada di Kota Singkawang. Karena dari saya kecil dulu memang daerah pantai utara selalu mengadakan atraksi Cap Go Meh dan tidak dapat di contoh selain orang itu sendiri,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalbar, Ermin Elviani mengatakan ritual naga buka mata ini supaya dapat memberikan suatu keajaiban dan bisa memberikan berkah untuk membantu masyarakat Kalbar, dan terhindar dari malapetaka.

“Acara perayaan Cap Go Meh ini diharapkan supaya dapat mendongkrak PAD Kalbar,” katanya.

Menurut dia, berbagai kegiatan kebudayaan pada perayaan Cap Go Meh ini merupakan kegiatan tahunan, agar dapat meningkatkan potensi wisata di Kalbar.

“Tentunya dengan seni budaya yang merupakan karya cipta masyarakat Tionghoa dengan penuh keindahan,” jelasnya.

Dengan kehadiran naga di Gedung DPRD Kalbar ini,  tentu akan disambut baik. Karena ini merupakan budaya Cina sampai perkembangan ratusan tahun. (jon)