Pemkab Barut Gelar Deklarasi Damai Pilkada 2018

oleh
Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Barito Utara menandatangani surat kesepakatan Deklarasi Pilkada Damai. Foto : Bani

MUARA TEWEH – Apel bersama aparat pemerintah setempat dan para pendukung masing-masing pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Barito Utara digelar di halaman kantor Bupati Barito Utara, Selasa (27/02/18).

Dalam apel itu, juga digelar deklarasi pemilu damai dengan disaksikan oleh aparat kepolisian, TNI dan unsur lainnya yang hadir dalam kegiatan.

Selain itu, masing-masing pasangan pun menandatangani surat kesepakatan untuk melaksanakan Pilkada damai, yang diikuti oleh para ketua tim kampanye dan unsur muspida.

Pjs Bupati Barito Utara, Sapto Nugroho mengatakan, apel bersama yang telah dilaksanakan merupakan rangkaian pemilu damai, dimana seluruh aparat pemerintah bersikap netral.

Menurut Sapto Nugroho, secara bersama dengan masyarakat pun harus turut serta mensukseskan pemilihan kepala daerah dengan aman dan kondusif. Masyarakat juga diharapkan ikut mengawasi jalan pemilukada.

Diharapkan, para tim pemenangan masing-masing pasangan calon dapat berkampanye sesuai dengan kaidah, seperti tidak berbau sara, menghasut dan menyebarkan berita hoax.

Dengan begitu pemilu yang diharapkan aman dan berjalan dengan lancar dapat dilaksanakan. Karenanya semua elemen masyarakat dapat bekerja sama dalam mensukseskan.

Dijelaskannya, para penyelenggara pemilu juga harus menyediakan logistik yang diperlukan. Dengan begitu pemilihan umum dapat berjalan sesuai dengan harapan.

Deklarasi itu pun dihadiri pasangan nomor 1 H.Nadalsyah-Sugianto Panala Putra, dan Pasangan nomor urut 2. Taufik Nugraha-Ompie Herby.

Selain deklarasi, dilaksanakan juga simulasi pengamanan pilkada di halaman kantor Bupati Barito Utara dengan penerjunkan puluhan aparat kepolisian resort Barito Utara. (Bani)