Jelang Pilkada dan Pilpres, Disdukcapil Sanggau Targetkan Perekaman e-KTP Capai 100 Persen

oleh

SANGGAU – Berdasarkan data, hingga Januari 2018, perekaman KTP Elektronik di Kabupaten Sanggau mencapai 75 persen. Masih rendahnya data perekaman tersebut memaksa Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) harus bekerja ekstra untuk mencapai target nasional 100 persen hingga akhir 2018.

“Memang ini target nasional 2018 harus selesai 100 persen. Ini mengantisipasi menghadapi Pileg dan Pilpres. Jadi tidak ada lagi ribut masalah DPT,” kata H. Zawawi, Kepala Disdukcapil Kabupaten Sanggau belum lama ini.

Zawawi mengaku optimis mencapai target tersebut. Terlebih alat perekaman sudah tersedia di masing-masing kecamatan.

“Cuma yang rusak itu di Kecamatan Parindu, tapi sudah kita perbaiki. Kapuas juga. Kalau Kapuas ini banyak dari kecamatan-kecamatan lain yang melakukan perekaman di sini. Karena mereka mengejar, karena begitu direkam, besok sudah bisa dicetak. Jadi dari segi alat, tak ada masalah. Sekarang ini alhamdulillah lagi lancar-lancarnya. Jadi satu malam bisa mencetak seribu lembar,” ungkap Zawawi.

Meski demikian, khusus Pilkada Sanggau 2018, Zawawi hanya berani mematok target 90 persen. Mengingat ada masyarakat di kecamatan yang dinilainya kurang antusias dengan perekaman.

“Memang ada kantong-kantong yang cukup besar (belum perekaman), seperti Meliau, Tayan Hulu dan Tayan Hilir. Kemarin pernah satu malam perekaman di sana, hasilnya kurang memuaskan. Kalau Tayan, antusias masyarakatnya tinggi. Kami menjamin Tayan tahun ini bisa selesai. Ini faktor masyarakatnya juga,” ujar Zawawi.

Namun petugas tak putus asa. Mereka membentuk sentra-sentra perekaman di desa. Terlebih cuaca, kata dia, sangat mendukung. Dalam artian kendaraan roda empat bisa menjangkau desa-desa yang jauh.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Kades nanti kita akan perekaman di Dusun Modang. Jadi disitu ada kesepakatan. Masyarakat dari desa-desa yang akan datang ke situ. Saya punya keyakinan untuk Meliau sampai seratus persen saya tak berani jamin untuk Pilkada Sanggau. Tapi mungkin 90-an persen kami berani jamin untuk Pilkada 2018. Kemarin lumayan juga yang melakukan perekaman, walaupun hasilnya tak seperti yang diharapkan,” pungkasnya.

Pun demikian dengan Kecamatan Noyan dan Entikong, yang disebutnya tak begitu banyak lagi yang belum melakukan perekaman.

“Jadi memang faktor masyarakatnya. Dalam arti mungkin, karena berkebun dan kemana-mana. Kalau kita tak menginap, kita tak begitu heran (hasil perekaman minim). Tapi kita menginap. Kalaupun mereka mau melakukan perekaman pada malam hari, tetap dilayani. Terpenting listrik menyala,” imbuhnya.

Zawawi dijadwalkan berangkat ke Jakarta pada hari ini untuk meminta Data Konsolidasi Bersih (DKB) kependudukan semester II tahun 2017.

“Untuk semester I jumlah penduduk kita kan 482.500 jiwa,” tuturnya. (indra)