Dinas Kesehatan Pontianak Catat Ada 2 Penderita Difteri

oleh

PONTIANAK – Kepala Dinas Kesehatan Pontianak Sidiq Handanu mengatakan jumlah penderita Difteri di Kota Pontianak tercatat ada dua penderita.

Kata Sidiq, pada tahun 2017 ada satu penderita dan 2018 tercatat juga satu penderita, namun sudah berangsur pulih atau menuju kesembuhan.

Dinas Kesehatan, saat ini sudah melakukan sejumlah upaya guna menekan penyebaran wabah Difteri agar tidak menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB).

“Kita sudah melakukan tracking dan Imunisasi massal di lokasi baik di lingkungan keluarga maupun dilingkungan sekolah sampai dia bermain dimana,” kata Sidiq Handanu di Pontianak, Kamis (08/02/18).

Sidiq menyatakan Dinas Kesehatan terus bekerja untuk melakukan pencegahan sejak dini. Kota Pontianak menjadi salahsatu kota yang diharuskan memulai Outbreak response imunitation yang akan dilakukan pada bulan Juli, Agustus 2018 dan Februari 2019.

“Sambil menunggu waktu lima bulan itu, saat ini kita melakukan imunisasi bayi-bayi yang tidak lengkap di Puskesmas dan sekolah-sekolah,” terang Sidiq.

Sementara untuk penyediaan vaksin saat ini untuk Outbreak Response imunitation masih menunggu pemerintah pusat. (Dede)