Tim SAR Hentikan Pencarian Nelayan Tenggelam di Perairan Ketapang

oleh

KETAPANG – Operasi pencarian terhadap Senan ABK KM Eka Jaya yang terjatuh ke laut Tanjung Bunga, Ketapang saat menarik jala pada 30 Januari lalu dihentikan sementara.

Tim SAR gabungan yang sejak hari pertama melakukan pencarian terus berupaya untuk menemukan Senan.

Kepala Kantor SAR Pontianak, Hery Marantika dalam pernyataan resminya, Senin (05/02/18) mengatakan penghentian pencarian itu sudah melalui koordinasi yang intens.

“Dari awal kami menerima info, Kantor SAR Pontianak sudah melakukan upaya-upaya pencarian, diawali dengan koordinasi menginformasikan ke potensi SAR di Kab.Ketapang membentuk struktur organisasi operasi SAR, dimana Koordinator Pos SAR Ketapang sebagai OSC serta melakukan penyisiran permukaan di sekitar lokasi kejadian,” kata Hery.

Dalam upaya pencarian hari ketujuh ini, Tim SAR Gabungan yang terdiri dari rescuer pos SAR Ketapang, TNI AL, Polair, KSOP, SROP, BAKAMLA, nelayan setempat dan pihak keluarga masih terus melakukan pencarian.

“Operasi Pencarian telah kita lakukan secara bersama-sama dengan mengikuti rencana operasi yg sudah dibuat. Hingga mencapai Perairan Kendawangan dan Pulau Cempedak, Kab. Ketapang. Namun hasilnya, Alam berkata lain, korban belum berhasil kami temukan,” ujar Hery.

Setelah melakukan koordinasi dengan keluarga korban dan melihat fakta di lapangan diambilah keputusan bersama untuk menghentikan pencarian.

Akan tetapi pencarian dapat dilanjutkan kembali jika terdapat tanda-tanda korban tentunya hal tersebut mengacu dengan UU No 29 Tahun 2014, tentang Pencarian dan Pertolongan,” pungkasnya.

Setelah dinyatakan dihentikannya pencarian terhadap Senan, keluarga korban yang diwakili istri dan kakak ipar korban mengucapkan terima kasih untuk Basarnas dan tim SAR gabungan yang telah melakukan pencarian terhadap Senan.

“Kami mengucapkan terima kasih atas peran serta Basarnas dan tim SAR gabungan yang telah melakukan pencarian selama tujuh hari, serta menunjukkan usaha yang gigih dalam menemukan keluarga kami,” imbuhnya. (Hms/dd)