Warga Beringin Raya Ucapkan Terima kasih Kepada Bupati H. Nadalsyah

oleh

MUARA TEWEH – Desa Beringin Raya, kilometer 54, Kecamatan Teweh Tengah, merupakan daerah eks transmigarasi. Dimana luas wilayahnya kurang lebih 650 hektar. Wilayah ini juga dikelilingi lima Desa lainnya yang merupakan transmigrasi .

Kepala Desa Beringin Raya, Tiga Saputra, saat kunjungan Bupati H. Nadalsyah mengatakan, sejak tahun 1998 sampai tahun 2001, telah ditempatkan 250 kepala keluarga, dimana dalam perjalanan waktu, jumlah itu berkurang atau tersisa sekitar 110 kepala keluarga.

Tiga Saputra menambahkan, dalam perjalanannya, Desa Beringin Raya sejak tahun 1998 hingga 2013 tidak semua warga betah tinggal di desa. Hal ini karena akses jalan masih rusak parah.

Sehingga hasil pertanian sulit untuk dipasarkan, terutama ke Muara Teweh.

“Walaupun bisa, itupun memakan waktu lama dan membutuhkan banyak biaya. Sehingga para petani sulit berkembang dan sejahtera,” tuturnya.

Akan tetapi, berbeda dengan sekarang sejak lima tahun tetakhir, sejak Bupati H. Nadalsyah menjadi orang nomor satu di Barito Utara. Seluruh jalan Desa yang ada, bukan saja Beringin Raya, akan tetapi desa di wilayah trans semuanya sudah bagus.

“Dulu kalau mau ke Muara Teweh jarak tempuh tidak kurang dari enam jam. Sekarang hanya 1,5 jam saja,” kata Tiga Saputra.

Dijelaskannya, dari keseluruhan jalan, ada beberapa titik kerusakan, karenanya masyarakat minta dilakukan perbaikan, agar nantinya pada saat musim penghujan tidak mengalami kerusakaan lagi.

Sementara untuk sektor pertanian, saat ini pemkab sedang melakukan pembinaan terhadap petani, baik untuk tanaman padi, jagung, dan bawang merah, serta palawija.

Selain itu, listrik masuk desa juga sudah dilakukan dan sarana prasarana air bersih telah dibangun oleh pemerintah daerah.

“Atas nama warga, kami sangat berterimakasih kepada bapak abupati Nadalsyah atas bantuannya kepada warga Beringin Raya,” pungkasnya. (bani)