Awal Tahun, Malaysia Deportasi 45 TKIB

oleh

SANGGAU – Sebanyak 45 Tenaga Kerja Indonesia Bermasalah (TKI B) pada Selasa (30/01/18) dipulangkan dari Malaysia ke tanah air. Mereka dipulangkan dari Depot Imigresen Bekenu Miri Malaysia yang diangkut mengunakan1 unit Bus dan 1 Unit Ben iImigresen Malaysia sekitar pukul 13.00 Wib. Pemulangan para TKI B tersebut dikawal dan diantar langsung oleh pihak Imigresen Bekenu Miri Malaysia dan KJRI Kuching.

“Jumlah TKI bermasalah yang dideportasi melalui PLBN terpadu Entikong sebanyak 45 orang terdiri dari 40 orang laki-laki dan 5 orang perempuan,” kata Kapolsek Entikong, Kompol Amin Shifid, SH kepada wartawan, Selasa (30/01/18) malam.

Kapolsek menjelaskan, kebanyakan TKI bermasalah yang dipulangkan berasal dari Kalbar disusul Jawa Timur dan NTB.

“Dari Kalbar ada 25 orang, Jawa Timur 8 orang, NTB 4 orang sisanya NTT 2 orang, Sulsel 2 orang, Sulbar 1 orang, Kaltim 1 orang, Jateng 1 orang dan Banten 1 orang,” ungkapnya.

Dari hasil screening, tambahnya, ditemukan beberapa permasalahan yang dialami TKI bermasalah diantaranya, pekerjaan tidak sesuai, gaji tidak sesuai, tidak memegang paspor dan tidak punya visa/ permit kerja.

“Jadi ada 29 orang menggunakan paspor dan 16 orang lainnya tanpa dokumen,” tukasnya.

Setelah dilakukan proses screening, para TKI bermasalah tersebut diberangkatkan menuju kantor Depsos Pontianak untuk dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing. (indra)