Pemkab Barut Perluas Areal Tanam Bawang

oleh

MUARA TEWEH – Rencana perluasan areal tanam jagung nampak segera direalisasikan. Hal ini, sesuai program yang sudah dijalankan oleh Dinas Pertanian setempat.

Bupati Barut, H.Nadalsyah saat melakukan kunjungan di areal transmigrasi Sei Rahayu II, Kecamatan Teweh Tengah, Selasa (30/01/18) mengatakan, selain program perluasan lahan jagung, juga sudah dikembangan tanaman bawang merah.

Menurutnya, untuk mengedukasi para petani, pemerintah telah membantu pengadaan bibit, obat obatan hingga pupuk untuk para petani, guna perluasan tanaman bawang.

Dikatakannya, saat ini para petani di tujuh Kecamatan sudah dilakukan pembinaan untuk pengembangan bawang merah.

“Dan nampaknya hasilnya lebih baik, dimana tanaman ini satu banding tujuh, bahkan lebih,” tuturnya.

Perbandingan satu kilogram bibit bisa menghasilkan hingga tujuh kilogram, bahkan lebih dari itu sudah berhasil dikembangkan.

“Program ini juga salah satu peningkatan pertanian selain padi dan jagung,” katanya.

Oleh karena itu, pemerintah daerah berharap dengan berhasilnya tanaman bawang ini, dapat menjadi pemicu untuk masyarakat dalam mengembangkan tanaman bawang, termasuk para petani agar dapat lebih mandiri.

Karena bantuan yang telah disalurkan tidak selamanya diberikan, sehingga bantuan yang sudah disalurkan merupakan sebagai modal para petani.

Dijelaskannya, tanaman bawang pada saat ini nampaknya sangat berhasil. Dan ini terus dikembangkan sesuai dengan program yang sudah dicanangkan dalam mencapai swasembada pangan. (bani)