50 Unit Rumah Tak Layak Huni di Barut Bakal Direnovasi

oleh

MUARA TEWEH – Dinas Perumahan Rakyat Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah pada tahun anggaran 2018, akan mengalokasikan anggaran untuk rehabilitasi rumah warga.

Melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), tahun ini telah dialokasikan sedikitnya 50 unit rumah warga yang tersebar di sembilan Kecamatan.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, H.Yaser Arafat, Kamis (25/01/18) mengatakan, bedah rumah yang akan dianggarkan melalui sistem pengerjaan dengan pihak ketiga.

Dimana alokasi anggaran per unit rumah sebesar Rp 20 juta. Sedangkan rumah yang dibedah berdasarkan verifikasi oleh pihak kecamatan.

“Karena untuk melakukan bedah rumah harus diverifikasi berdasarkan pihak kecamatan,” katanya kepada B-ONETV.

Yaser Arafat mengungkapkan selain berasal dari APBD, juga melalui APBN, tapi ini masih dalam tahap pembahasan pembicaraan bersama kementerian perumahan rakyat.

Dijelaskannya, Bantuan Stimulan Perumahan Rakyat (BSPS)  diperuntukan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) sebanyak 270 buah.

“Hasil komunikasi kita dengan PPK dari kementerian PUPR (pekerjaan umum dan Perumahan rakyat,” katanya.

Dijelaskannya, mengenai sistem bedah rumah nantinya, pemerintah hanya menyediakan bahan bangunan, sedangkan pengerjaan melalui swadaya dan dikerjakan secara gotong royong, dimana alokasi anggaran sebesar Rp15 juta.

“Adapun dana sebesar itu berupa bahan bangunan. Bahan ini nanti akan diserahkan kepada pemilik rumah yang tersebar di sembilan kecamatan,” pungkasnya. (Bani)