“Jurnalis Menguak Fakta Dibalik Industri Kepala Sawit”

oleh

PONTIANAK –  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Barat, Senin (08/01/18),l mengadakan Workshop Jurnalistik.

Acara ini yang diselenggarakan di salah satu hotel di kota Pontianak ini diikuti oleh 50 Wartawan dari wilayah Kalimantan Barat.

“Kegiatan yang mengusung tema ‘Jurnalis Menguak Fakta dibalik Industri Kelapa Sawit’ ini merupakan wujud dari kepedulian PWI Pusat dan PWI Kalimantan Barat terhadap insan pers Kalimantan Barat, sebagai upaya meningkatkan kompetensi dan profesionalisme wartawan,” ujar Gusti Yusri Ismail, Ketua PWI Kalimantan Barat kepada wartawan.

Selain itu, tambahnya, dengan dilakukannya kegiatan ini adalah untuk memberikan sarana untuk memperluas dan meningkatkan pengetahuan wartawan tentang fakta dibalik industri kelapa sawit.

“Mudah-mudahan bisa mengungkap fakta atau mitos seputar dunia sawit, dan meningkatkan pemahaman akan dunia sawit di Kalimantan Barat,” harapnya.

Sementara, workshop Jurnalistik ini menghadirkan tiga pembicara yang kompeten dibidangnyamasing-masing, antara lain: Dr. Ir. Tungkot Sipayung, Founder dan Direktur Eksekutif PASPI (Palm Oil Agribusiness Strategic Polcy Institude) berbicara tentang Industri Minyak Sawit Indonesia, dalam isu sosial, ekonomi dan lingkungan global.

Adapun pembicara kedua diisi oleh Dr. Gusti Hardiansyah, Selaku akademisi Untan Pontianak (Dekan Fakultas Kehutanan Untan), yang berbicara mengenai Menguak Fakta dibalik Industri Kelapa Sawit dan pembicara terakhir oleh Teguh Santosa, Pemimpin Umum RMOL berbicara tentang Etika Jurnalistik Pembangunan Daerah.

Selain itu acara ini juga dihadiri oleh SKPD diantaranya, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalimantan Barat, Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kalbar dan Dinas Kehutanan Kalbar. (Budi)