Waket DPRD Barut Salurkan Bantuan ke Warga Binaan LP Muara Teweh

oleh

MUARA TEWEH – Sebagai Warga binaan perlu kiranya mendapat dukungan dari pemerintah daerah, agar nantinya bisa lebih baik bila kembali ke tengah masyarakat.

Wakil Ketua DPRD Barito Utara Aception didampingi anggota Taufik Nugraha, saat bersilaturahmi dengan ratusan warga binaan di lembaga pemasyarakatan Klas II Muara Teweh, Kamis (04/01/18) dengan harapan kedepan para warga bina bias lebih baik lagi.

Menurutnya, saat ini memang anggaran pemerintah pusat, sangat minim untuk lembaga pemasyarakat khususnya Muara Teweh, oleh sebab itu pihaknya akan mengusulkan anggaran untuk perbaikan.

Anggaran tersebut, seperti bidang pendidikan keagamaan dan keterampilan. Karena warga binaan juga harus diberikan pendidikan dan keterampilan.

Memang saat ini, telah banyak keterampilan yang sudah dihasilkan dan kemudian dijual, akan tetapi ini perlu lagi peningkatan, agar nantinya warga binaan bisa lebih baik lagi. Karena juga warga binaan setelah bebas mereka bisa bekerja di tengah masyarakat. oleh karena itu, tujuan pembinaan adalah dengan memberikan pendidikan sesuai dengan keahlian masing-masing.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas II Muara Teweh, Sarwito mengatakan, saat ini jumlah penghuni lapas ada 288 warga binaan. Sedangkan kapasitasnya sekitar 175 orang.

Sarwito juga menyadari over kapasitas bukan saja di LP Muara Teweh, tetapi hampir seluruh tanah air, hal ini juga karena kurangnya anggaran untuk pembangunan atau penambahan.

Pihaknya berharap melalui silaturahmi ini, para wakil rakyat bisa melihat seperti ada keadaan sekarang. Dimana serba membutuhkan. Dirinya juga berharap melalui kunjungan dan silaturahmi dapat disuarakan terutama pada pemerintah. (Bani)