Pasangan PH-YO Dinilai “Ketar-Ketir” dengan Elektabilitas Yansen – Ason

oleh

SANGGAU – Juru bicara pasangan Yansen Akun Effendy-Fransiskus Ason (YAS), Abdul Rahim menilai, pasangan petahana terlihat ‘ketar-ketir’ dengan elektabiltas pasangan YAS.

Sehingga menjadikan hasil survei untuk membangun opini seolah-olah merekalah yang masih dipercaya masyarakat Kabupaten Sanggau untuk memimpin Sanggau.

Menurut Rahim, hasil survei tentu masih harus diuji kebenarannya. Hasil survei seolah-olah dijadikan klaim kemenangan, bahkan sebelum pencoblosan berlangsung.

“Bagi kami, ya itu sah-sah saja mereka (tim PH-YO) mengklaim demikian. Akan tetapi hal itu justru bisa dibaca terbalik,” katanya di Sanggau, Kamis (04/01/18).

Bagi YAS, kata Rahim, hasil survei hanya menjadi konsumsi internal sebagai salah satu bahan untuk tim bekerja. Ketika hasil survei disampaikan ke publik dan diklaim sebagai kemenangan, biarkan masyarakat juga menilainya sendiri.

“Bagi kami suara masyarakat itu harus dihargai, karena kemenangan pilkada adalah kemenangan rakyat. Merekalah yang menentukan nasib mereka sendiri mau dibawa kemana arah pembangunan lima tahun kedepan,” ujarnya.

Rahim menambahkan, yang pasti setiap pasangan calon punya dukungan, hasil akhir tidak mungkin bisa diukur dengan survei. Karena memurutnya, hati manusia tidak mungkin bisa disurvei.

“Sudah banyak pengalaman Pilkada di Indonesia, dimana hasil survei tidak menjamin kemenangan pasangan calon. Banyak juga yang disurvei tinggi, malah kalah, dan itu fakta yang tidak bisa dibantahkan,” tegasnya. (indra)