2019 Seluruh Masyarakat Barito Utara Miliki BPJS Kesehatan

oleh

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara, melalui Dinas Kesehatan  menargetkan pada tahun 2019 akan datang seluruh masyarakat yang tidak mampu sudah memiliki jaminan kesehatan yakni Kartu BPJS Kesehatan.

Kadiskes Barito Utara,  Robansyah mengatakan bahwa Bupati Barito Utara H Nadalsyah melalui programnya akan memberikan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi masyarakat yang tidak mampu.

“Saat ini, masyarakat yang telah menjadi kepesertaan BPJS Kesehatan yang iurannya dibayarakan pemerintah daerah telah mencapai 50 ribu orang,” kata Robansyah, Rabu (03/01/18).

Menurutnya, masyarakat tidak perlu takut untuk dirawat di RSUD Muara Teweh yang saat ini dengan fasilitas yang megah, sepanjang telah memenuhi prosedur, namun bukan atas kemauan sendiri.

“Kami pun sebagai pelayanan kesehatan tingkat pertama telah melakukan upaya-upaya yakni seluruh pelayanan kesehatan dasar dapat selesai di tingkat puskesmas, kecuali memang tidak bisa dilayani di puskesmas akan dirujuk ke RS,” jelasnya.

Diungkapkannya, tantangan yang dihadapi Dinas Kesehatan kedepanya, yakni bagaimana dengan fasilitas kesehatan RSUD Muara Teweh yang berkualitas tinggi, tentu harus dimbangi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tinggi pula.

Untuk itu, pihak RSUD Muara Teweh terus berupaya meningkatkan SDM tenaga medisnya melalui berbagai macam diklat.

“Harapan kita juga, dengan kapasitas rumah sakit ini sebagai RSUD rujukan DAS Barito ini, pelayanan RSUD harus melebihi dari rumah sakit lainnya,” pungkasnya. (Bani)