‘Ngopi Mas’, Cara Polres Sanggau Jalin Kedekatan dengan Masyarakat

oleh

SANGGAU – Kapolres Sanggau, AKBP Rachmat Kurniawan menggelar ‘Ngopi Mas’ (Ngobrol Peduli Kambtibmas) di warung kopi Xenong (depan Pekong) jalan Kartini, kecamatan Kapuas, kabupaten Sanggau, Kamis (28/12/17).

Ngopi Mas ini juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Sanggau, Fransiskus Ason, Anggota DPRD Sanggau, Yulianto, Kepala Seksi Pemberantasan BNN Kabupaten Sanggau, Kompol Sudijarto. Selain itu juga tampak hadir sejumlah tokoh masyarakat beserta para pejabat utama Polres (PJU) Sanggau lainya.

“Supaya bisa lebih akrab kita ngopi bareng. Satu tujuan kita yaitu menuju Sanggau aman,” kata Kapolres Sanggau, AKBP Rachmat Kurniawan ditemui disela – sela ngopi.

Dikatakan Kapolres, program Ngopi Mas ini merupakan program jajaran Polres Sanggau yang diangkat dari budaya masyarakat Sanggau yang menjadikan ngopi di warung kopi sebagai wahana silaturahmi dan berkomunikasi secara bebas dan penuh keakraban.

“Kita jadikan juga sebagai wahana kedekatan kepolisian dalam membuka komunikasi yang tersimpul dalam keran-keran formalitas selama ini, ” terangnya.

Kapolres berharap, dengan program ini keluhan, aspirasi, informasi dan komunikasi dengan masyarakat dapat terjalin tanpa sekat dan berjalan setara dua arah.

“Sehingga kami bisa menyerap semuanya sampai sekecil-kecilnya, ” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga bisa mengajak masyarakat berfikir, bertindak dan ikut serta dalam menciptakan kondisi dan situasi kamtibmas. Dan berperan aktif dalam menjaga nuansa toleransi serta keharmonisan dalam keragaman dan perbedaan dalam heterogenitas masyarakat Sanggau.

“Intinya bagaimana kita bisa membangun komunikasi, ” katanya.

Disinggung berapa kali dalam sepekan menggelar Ngopi Mas, Kapolres menjawab, program Ngopi Mas ini akan dilakukan apabila pada waktu dan kesempatan terentu saja.

“Sifatnya Insidentil, sajalah dulu,” tuturnya. (indra)