Handel Semangat, Contoh Penuntasan Kawasan Kumuh di Kabupaten Kapuas

oleh

KUALA KAPUAS – Kampung Barasih, begitulah julukan salah satu lingkungan perumahan yang ada di Handel Semangat, Kelurahan Selat Dalam, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas .

Dulunya kampung ini boleh dibilang kurang bersih bahkan bisa disebut kumuh karena banyak jamban berhamburan di tepian kali Handel Semangat. Tapi sekarang, Handel Semangat justru menjadi percontohan pengembangan penuntasan kawasan kumuh dan  kawasan ramah anak di Kota Kuala Kapuas.

Ketua RT 4, Handel Semangat, Kecamatan Selat Kapuas, Hamsan, kepada wartawan mengatakan, Kampung Barasih ditempatnya itu bahkan akan dikembangkan menjadi wisata ekologi dan tempat bermain anak-anak dan menjadi tempat rekreasi setiap Sabtu dan Minggu khusus sepeda dan pejalan kaki.

Menurut Hamsan, dengan selesainya pembangunan jalan dan penataan sungai serta lingkungan, maka tempatnya itu akan menjadi satu-satunya kampung barasih yang terdapat di Kota Kuala Kapuas.

“Tempat kami ini memperoleh juara pertama dalam kebersihan lingkungan se Kota Kuala Kapuas tahun 2017 kemarin,” terang Hamsan di Kuala Kapuas, Rabu (27/12/17).

Berubahnya wajah kampung di Handel Semangat ini setelah program penuntasan kawasan kumuh NUSP-2 direalisasikan ditempat itu, dimana pelaksanaannya baik dilakukan masyarakat langsung melalui Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) maupun melalui kontraktual. (irs)