Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018, Polres Kapuas Hulu Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin

oleh
Suasana upacara gelar pasukan operasi lilin. Foto : Bayu

PUTUSSIBAU – Kepolisian Resor Kapuas Hulu melaksanakan upacara gelar pasukan Operasi Lilin 2017 di Mapolres Kapuas Hulu, Kamis (21/12/17). Digelarnya upacara ini sekaligus membuka Operasi Lilin yang berlangsung dari 23 Desember 2017 sampai dengan tahun baru, 1 Januari 2018 mendatang.

Dalam upacara ini diikuti sekitar 150 personil gabungan dari tiap-tiap perwakilan satuan yang terdiri dari Polri, TNI, Polisi militer, Sat Pol PP, Dishub, serta melibatkan remaja masjid dan pengurus masjid dari Kabupaten Kapuas Hulu.

Bertindak sebagai komandan upacara adalah Ipda Ignasius, dan Inspektur upacara adalah Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Imam Riyadi S.IK S.H.

Dalam amanat Kapolri terkait operasi lilin yang dibacakan oleh Kapolres Kapuas Hulu menyebutkan, petakan seluruh potensi kerawanan wilayah, penyusunan rencana operasi yang matang, dan tingkatkan kewaspadaan mencegah aksi teror dan kejahatan konvensional yang meresahkan dipusat keramaian, tempat ibadah dan tempat lainnya.

”Upaya pendekatan dengan elemen masyarakat guna mencegah aksi sweeping oleh ormas, bila ditemukan, lakukan tindakan tegas dan profesional, serta optimalkan penggelaran anggota ditengah-tengah masyarakat, serta maksimalkan peran satgas pangan, guna mewujudkan stabilitas harga pangan dengan menggandeng instansi terkait,” ucap Kapolres Kapuas Hulu.

Usai memimpin upacara, Kapolres Kapuas Hulu mengatakan, bahwa di Kabupaten Kapuas Hulu ini dalam rangka pengamanan natal 2017 dan tahun baru 2018, pihaknya akan melibatkan remaja masjid dan pengurus masjid diseluruh Polsek yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu, guna meningkatkan toleransi antar umat beragama dan mengantisipasi bibit-bibit Intoleransi dan embrio-embrio radikalisme

Ditambahkannya, Polres Kapuas Hulu akan memberikan pelayanan berupa pos pelayanan perbatasan Kabupaten Kapuas Hulu dengan Kabupaten Sintang di Kecamatan Silat, selain itu juga memfasilitasi rest area untuk peristirahatan, antar lintas negara Indonesia – Malaysia di Badau, untuk jalur penerbangan di bandara Pangsuma.

Kemudian untuk pos pengamanan, lanjut Kapolres Kapuas Hulu, berada di gereja maria perawan tak ternoda di wilayah Polsek Putussibau Utara, pos pengamanan tersebut guna pengamanan di kegiatan beribadah selama Perayaan Natal dan Tahun Baru 2018.

Dalam pelaksanaan upacara ini dihadiri oleh Wakapolres kapuas Hulu, Pejabat utama Polres Kapuas Hulu, Wakil Bupati Kapuas Hulu, Kajari Kapuas Hulu, perwakilan Pengadilan Negeri Kapuas Hulu, Forkompinda dan para tamu undangan lainnya. (bayu)

Suasana upacara gelar pasukan operasi lilin. Foto : Bayu